Goa Torus jadi Lokasi Wisata Andalan Gunung Tuleh


Senin, 29 Juli 2019 - 15:29:29 WIB
Goa Torus jadi Lokasi Wisata Andalan Gunung Tuleh PENELUSURAN Goa Turus oleh Camat Gunung Tuleh bersama beberapa mahasiswa KKN ISI Padang Panjang. OSNIWATI

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Goa Torus yang ada di Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat merupakan cagar budaya yang wajib dilestarikan.

Guo Torus yang terletak di Jorong Kampung Guo Nagari Rabijonggor, Kecamatan Gunung Tuleh yang berada pada jarak 40 kilometer dari pusat kota Kabupaten Pasbar, Simpang Empat.

 

Memiliki kedalaman mencapai Dua Kilometer, Goa Torus pada awalnya merupakan goa alami yang dimanfaatkan masyarakat setempat untuk memperoleh sarang burung walet. Namun seiring berjalannya waktu, Guo Torus berubah fungsi menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi masyarakat setempat.

 

Saat melakukan ekspedisi, Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan kepada wartawan menyampaikan bahwa Guo Torus merupakan salah satu objek wisata andalan di kecamatan setempat yang keberadaannya perlu mendapat perhatian serius.

 

Menurutnya, sebagai salah satu potensi daerah, Guo Torus harus terus dibenahi keberadaannya dengan melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang keberadaan wisatawan di lokasi tersebut, sehingga bisa menjadi ikon kebanggaan daerah.

 

"Kita sudah lihat bersama. Ada banyak hal yang masih perlu dibenahi dari segi sarana dan prasarana penunjang. Kita berharap dinas terkait dapat memberikan perhatian kepada salah satu objek wisata kebanggaan masyarakat Gunung Tuleh ini," ujar Randy.

 

Disampaikan, jika sudah dibenahi dengan baik nantinya, objek wisata Guo Torus diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata.

 

"Pasti berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Itu yang kita harapkan dari pengembangan potensi wisata goa ini," ungkap Randy.

 

Salah seorang mahasiswa KKN Terpadu Jurusan Fotografi ISI Padang Panjang, Yazid Albistami menyampaikan bahwa kondisi Guo Torus sangatlah bagus. Namun perlu ada beberapa perbaikan dalam hal akses jalan, jembatan dan sarana prasarana pendukung lainnya untuk memudahkan akses wisatawan menuju lokasi. Akan tetapi, pembangunan fasilitas yang ada tidak boleh menghilangkan kesan alami dari goa tersebut.

 

"Satu hal lagi, mungkin promosi juga perlu digencarkan agar masyarakat di luar daerah mengetahui keberadaan goa yang sangat artistik ini. Bagi kami ini karya seni murni yang luar biasa," ungkap Yazid. (h/ows)


Reporter : Osniwati /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM