Wah! Pertama di Indonesia, Hakim Militer Diberhentikan


Rabu, 31 Juli 2019 - 10:31:26 WIB
Wah! Pertama di Indonesia, Hakim Militer Diberhentikan Suasana sidang putusan pemberhentian dengan hormat oleh MKH kepada hakim militer Sulawesi Selatan. dok/dtk

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Majelis Kehormatan Hakim (MKH) memecat seorang hakim pengadilan militer berinisial MH. Keputusan MKH ini menyedot perhatian publik, karena baru pertama di Indonesia.

"Menjatuhkan sanksi kepada terlapor dengan sanksi pemberhentian dengan hormat," ujar Ketua Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Hakim KY Joko Sasmito selaku Ketua Majelis sebagaimana dilansir dari detikcom, Rabu (31/7/2019).

MKH merupakan representasi dari Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA). MKH sepakat menjatuhi pemberhentian dengan hormat terhadap hakim Pengadilan Militer 316 Makassar, Sulawesi Selatan, di ruang Prodjodikoro Gedung MA, Jakarta (30/7).

"Hakim HM diberhentikan lantaran terbukti bersalah melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) karena melakukan perselingkuhan," ujar Joko.

Susunan MKH terdiri atas Joko Sasmito (ketua majelis) dengan beranggotakan Sumartoyo, Aidul Fitriciada Azhari, dan Farid Wajdi yang mewakili KY. Sementara MA diwakili oleh Desnayeti, Hidayat Manao, dan Yasardin.

Sebelumnya, MKH kerap memecat hakim dengan berbagai alasan. Namun, dalam catatan detikcom, hakim dari Pengadilan Militer, baru kali ini terjadi. (*)


 Sumber : dtk.com /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM