Ninik Mamak Bawan Pastikan Tak Ada Replanting PT AMP


Kamis, 01 Agustus 2019 - 17:28:01 WIB
Ninik Mamak Bawan Pastikan Tak Ada Replanting PT AMP KUNJUNGAN KE PT AMP -- Ninik mamak beserta masyarakat Nagari Bawan Kecamatan IV Nagari, dan Masyarakat Nagari Tiku V Jorong saat ke PT AMP. DAYAT

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Ninik mamak beserta masyarakat Nagari Bawan Kecamatan IV Nagari, dan Masyarakat Nagari Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara memastikan tidak ada kegiatan replanting di perusahaan tersebut.

Hal ini penting mengingat tuntutan ninik mamak kedua nagari tersebut sekaitan HGU 11 belum selesai. Apalagi ninik mamak Bawan dan Tiku V Jorong sudah tiga kali melayang surat kepada pihak AMP, selain itu juga surat ke pemerintah daerah.

Baca Juga : Update! Lima Daerah Kuning, 14 Lainnya Ditetapkan Masuk Zona Oranye di Sumbar

 

Ketua Lembaga Parik Paga Nagari Tiku V Jorong Edison, Kamis (1/8) mengatakan, peremajaan kebun sawit sampai harus ada dulu keputusan musyawarah antara ninik mamak dua nagari tersebut dengan PT. AMP Plantation. “ Kami sudah mendatangi pihak AMP Plantation Selasa kemarin. Kami mendapat informasi kegiatan re-planting tetap dilaksanakan. Oleh sebab itu ninik mamak mengklarifikasi apakah benar informasi itu,” katanya.

Baca Juga : Jumlah Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 212 Orang


Ditambahkan Edison, terkait permasalahan HGU 11 ini, niniak mamak Bawan dan Tiku V Jorong juga sudah melayangkan surat kepada Bupati Agam untuk bisa memfasilitasi penyelesaian masalah HGU No 11 yang dikelola pihak perusahaan.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Parik Paga Nagari Bawan M Zaherman, pihaknya berharap PT AMP Plantation untuk tidak melakukan Re-plenting hingga permasalahan ini menemukan titik terang.

“Kita mengingatkan pihak Management PT. AMP Plantation untuk tidak melaksanakan peremajaan Sawit dulu serta menghargai langkah musyawarah yang diambil oleh niniak mamak kami, sebagai parik paga nagari kami akan terus kawal,” jelasnya.

Sementara itu manajemen PT. AMP Unit 2 , Mulyono Pimpinan sudah memerintahkan kepada pelaksana untuk menunda kegiatan tersebut, setelah Tim Fasilitasi Pemda Agam memberitahu pihak manajemen terkait tuntutan ninik mamak Bawan dan Tiku V Jorong.

 

Dikatakan Mulyono, pihaknya sangat berterima kasih kepada anak Nagari Bawan dan Tiku V Jorong yang telah mau bersilaturahmi serta mengingatkan Perusahaan tentang persoalan HGU Tersebut. “ Sampai sekarang kami dari PT. AMP Plantation masih menunggu langkah yang akan diamabil oleh TIM Fasilitasi Pemda Agam, Kami dari pihak perusahan sangat menyambut baik langkah musyawarah mufakat dari ninik mamak Bawan dan Tiku V Jorong tersebut,” jelasnya. (h/yat)

 

Reporter : Rahmat Hidayat | Editor : HSP
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]