Pawai Obor dan Telong-telong Siap Sambut HUT Kota Padang


Kamis, 01 Agustus 2019 - 17:35:45 WIB
Pawai Obor dan Telong-telong Siap Sambut HUT Kota Padang
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-350, Pemerintah Kota Padang kembali gelar pawai obor dan telong-telong. Kegiatan tersebut rencananya akan digelar, Selasa (6/8) malam di Lapau Panjang Cimpago (LPC).
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Arfian, pada Haluan, Kamis (1/8) menuturkan, kegiatan tahunan tersebut akan diikuti 11 kecamatan. Pada setiap kecamatan akan menampilka variasi yang berbeda sesuai dengan kultur dan adat di daerahnya.
 
"Kegiatannya masih sama yaitu perayaan HUT Kota Padang, namun nanti akan divariasikan dengan pertunjukkan yang berbeda disetiap kecamatan. Intinya tetap ada pawai obor dan telong-telong," terang Arfian.
 
Ia menyebutkan, pawai obor tersebut penting dilakukan mengingat ada sejarah dibaliknya. Ia menceritakan, telong-telong mengingatkan dulu ada kisah warga Kota Padang yang berhasil memporak porandakan Belanda yang sedang menjajah Indonesia.
 
"Telong-Telong merupakan lampu yang digunakan pejuang untuk mengalahkan Belanda di Muaro Padang, pada peristiwa heroik 7 Agustus 1669. Saat itu masyarakat Pauh dan Kuranji melawan VOC, yang menindas rakyat dengan merebut loji-loji Belanda. Telong-telong ini strategi pejuang kita agar dianggap ramai," jelas Arfian.
 
Ia berharap warga Kota Padang bisa ikut memeriahkan peringatan HUT Kota Padang tersebut. "Kita berhak merayakan kemenangan usia dijajah. Nah mari bersama kita ramaikan," ucapnya. (h/win)

Reporter : Rahma Winda | Editor : HSP
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]