Peluang Besar, Senator Perempuan Ini Tantang Parpol Usung Bundo Kanduang di Pilkada


Senin, 05 Agustus 2019 - 23:02:56 WIB
Peluang Besar, Senator Perempuan Ini Tantang Parpol Usung Bundo Kanduang di Pilkada

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Anggota DPD RI asal Sumbar, Emma Yohanna mengungkapkan bahwa dirinya belum bisa memastikan apakah akan maju pada pilkada serentak yang bakal digelar pada 2020 mendatang. Meski begitu, ia menyebut, peluang perempuan untuk maju sebagai bakal calon pada Pilkada Sumbar 2020 cukup terbuka lebar.

"Saya dengar ada beberapa yang berminat untuk maju. Tapi itu hanya sebatas kabar selentingan. Belum pasti. Di kalangan aktivis ataupun politisi perempuan pun memang belum saya dengar pembicaraan serius ke arah sana," ujarnya saat dihubungi Haluan, Senin (5/8).

Kendati belum dapat memastikan akan maju, namun ia berharap ada salah seorang dari politisi perempuan yang maju. Ia menyatakan peluang tersebut terbuka lebar. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apakah kaum perempuan punya keberanian untuk bersaing dengan kaum laki-laki.

"Pilkada 2020 kan masih lama, jadi masih ada banyak waktu. Lagi pula, sekarang kan kebanyakan sibuk untuk persiapan pelantikan, entah itu di DPR atau DPRD. Saya prediksi sekitar Oktober mungkin sudah mulai terlihat pergerakannya," ucap Emma.

Di samping itu, ia juga mengatakan, kans perempuan untuk maju sangat bergantung pada pergerakan partai politik (parpol), apakah parpol berani mengusung calon dari kaum perempuan atau tidak.

"Bisa saja maju lewat jalur independen. Tapi saya rasa sulit. Makanya, kalau ingin maju, harus ada dukungan dari partai," katanya. (*)


Reporter : Dani /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Juli 2019 - 22:37:35 WIB

    Gerindra Buka Peluang, Sandiaga Uno Cawagub DKI Jakarta

    Gerindra Buka Peluang, Sandiaga Uno Cawagub DKI Jakarta JAKARTA,HARINHALUAN.COM-DPD Gerindra DKI Jakarta  membuka peluang bagi Sandiaga Uno  untuk masuk dalam bursa Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Jika kembali jadi kader Partai besutan Prabowo ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM