Baznas Pasbar Salurkan Zakat Rp3,5 M


Selasa, 06 Agustus 2019 - 15:51:37 WIB
Baznas Pasbar Salurkan Zakat Rp3,5 M FAKHRIZAL DAHLAN

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat pada semester satu tahun 2019 telah menyalurkan sebanyak Rp3,5 miliar dana zakat ke berbagai penerima di Pasaman Barat (Pasbar).

 

Hal itu dikatakan oleh Ketua Baznas Pasaman Barat, Fakhrizal Dahlan Selasa (6/7). Dari Januari hingga per 30 Juni 2019, Baznas Pasbar telah menyalurkan Rp3,5 miliar.

 

"Penyaluran terbesar kita lakukan di bulan Mei tepatnya pada bulan Ramadhan, sekitar Rp 2miliar dana zakat dibagikan kepada sebanyak 4500 warga,"tandasnya.

 

Selain itu, sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT), Baznas Pasbar memiliki beberapa program yang telah disalurkan, seperti bantuan biaya pendidikan, bantuan perobatan dan program lainnya sesuai dengan ketentuan zakat.

 

"Namun untuk tahun 2019, kita akan fokus pada program pengentasan kemiskinan. Kita ingin mengangkat derajat manusia, dalam artian akan memberikan bantuan modal usaha yang lebih besar," katanya.

 

Dengan membantu modal usaha yang lebih besar, tentunya usaha yang dijalankan dapat lebih terarah. Namun untuk jumlah warga yang dibantu di tahun 2019 tidak sebanyak di tahun 2018 lalu.

 

Lanjut Fakhrizal menjelaskan, sedangkan untuk target tahun 2019, Baznas Pasbar menargetkan penerimaan zakat mencapai Rp7,5 miliar. Untuk pertengahan tahun ini, zakat yang sudah dikumpulkan dari ASN sudah mencapai Rp4,1 miliar.

 

Sehingga Fakhrizal yakin melihat kondisi saat ini, optimis target tahun yang direncanakan bisa tercapai. Sebab, berkaca dari tahun sebelumnya melebihi target Rp 6,5 miliar.

 

"Sebab, animo muzaki cukup tinggi. Terutama dari kalangan PNS, kita terus mendapat dukungan dari Pemda. Peningkatan penyaluran zakat dari kalangan PNS terus meningkat," ungkap Fakhrizal.

 

Namun yang sangat disayangkan untuk penyaluran zakat dari pihak anggota legislatif daerah Pasaman Barat sendiri masih nol hingga saat ini. Padahal pihak Baznas dan DPRD Pasbar sudah beberapa kali membahas tentang zakat.

 

"Tapi yang membahas tidak pernah menyalurkan zakatnya lewat Baznas Pasbar, ini kan lucu," papar Fakhrizal.

 

Sedangkan dari pihak swasta sendiri, seperti perusahaan perkebunan, yang ada di Pasbar belum terealisasi sesuai yang direncanakan.

"Namun kita berharap bisa mengumpulkan zakat dari karyawan perusahaan yang ada, sekarang kita sedang menjejaki," ucapnya lagi.

 

Kedepan kata Fakhrizal, pihaknya akan terus berupaya memberikan pemahaman masyarakat tentang berzakat ke Baznas. Sebab, Baznas sebagai amil tentu bertanggungjawab untuk penyalurannya. (h/ows)


Reporter : Osniwati /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 Oktober 2019 - 16:35:01 WIB

    Baznas Siapkan Rp1 M untuk Bantuan Masuk PTN

    Baznas Siapkan Rp1 M untuk Bantuan Masuk PTN TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar menyalurkan zakat bantuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan bantuan program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Gedung Indo Jolito Ba.
  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 16:22:05 WIB

    Baznas Pasbar Terbaik Tingkat Nasional

    Baznas Pasbar Terbaik Tingkat Nasional PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kembali ukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini giliran Baznas Pasbar yang mendapatkan penghargaan Kabupaten dengan Baznas Terbaik se-Indonesia dalam kategori Pe.
  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 21:21:53 WIB

    Bahagianya Para Mustahik Ini Usai Menerima Bantuan dari Dana Zakat Baznas Pasaman

    Bahagianya Para Mustahik Ini Usai Menerima Bantuan dari Dana Zakat Baznas Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, salurkan dana bantuan sebesar Rp72,2 juta untuk fakir miskin, tua jompo, pelaku UKM, beasiswa dan bantuan berobat..
  • Ahad, 28 Juli 2019 - 15:24:31 WIB

    Baznas Agam Salurkan Zakat Rp428 Juta

    AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, kembali menyalurkan zakat sebanyak Rp 428 juta kepada 203 putra putri Agam yang baru melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi..
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 16:33:55 WIB

    Petani Cabai Binaan Baznas Panen Perdana

    Petani Cabai Binaan Baznas Panen Perdana PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Binaan Baznas Kabupaten Pasaman, di Padang Manduang, Jorong Rumah Nan XXX, Nagari Aia Manggis, Kecamatan Lubuksikaping, panen raya cabai, Rabu (17/7). Panen perdana ini dihadiri oleh Bupati .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM