Luas Karhutla di Pessel Lebih 13 Hektare, Pelakunya akan Ditindak Tegas


Selasa, 06 Agustus 2019 - 23:36:09 WIB
Luas Karhutla di Pessel Lebih 13 Hektare, Pelakunya  akan Ditindak Tegas Ilustrasi pemadaman Karhutla (dok.CNBC)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Pesisir Selatan, Polres Pessel beserta jajaran bakal melakukan penyelidikan terhadap 13 hektare lahan pada empat kecamatan di wilayah hukumnya.

Kapolres Pessel AKBP Fery Herlambang mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya bakal melakukan penyelidikan serta berkoordinasi dengan pihak Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) di wilayah itu.

"Benar, kami sudah mengantongi data lahan yang kebakaran. Dalam waktu dekat pihak kami bakal mencek ke lokasi," ujar kapolres pada wartawan di Painan, Selasa (6/8).

Jauh hari sebelumnya, lanjut Kapolres, segala bentuk pencegahan sudah disampaikan agar dalam membuka atau membersihkan lahan, masyarakat janga sampai membakar. Hal itu, mengingat situasi dan kondisi cuaca yang sering berubah-ubah. 

"Jika pihak kami menemukan pelaku pembakaran hutan dan lahan, pasti akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku," ucapnya.

Segerakan Satgas

Sementara itu, Kepala UPTD KPHP Pessel Mardianto mengatakan, hingga kini pemerintah daerah belum membentuk satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah itu.

"Padahal, itu merupakan Peraturan Menteri LHK nomor P32/LHK/Sekjend/Kum. 1/3/2016 tentang pengendalian Karhutla KPHP," katanya di Painan. 

Sebelumnya pada 2018, pihaknya mencatat sedikitnya 900 Hektare lahan di Pesisir Selatan terbakar. Sebagian besarnya adalah kawasan hutan produksi konversi dan lahan gambut. Sementara, dari 15 kecamatan yang ada, 5 diantaranya terpantau rawan Karhutla seperti di Kecamatan Inderapura, Lunang, Silaut, Ranah IV Hulu Tapan dan Basa IV Balai Tapan.

"Sementara hingga Agustus 2019 ini, terpantau empat hot spot (titik api) di daerah itu. Jumlah yang terbakar lebih dari 13 hektare," tuturnya.(h/kis)


Reporter : OKIS /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM