Dua Terdakwa Narkoba Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa


Rabu, 07 Agustus 2019 - 17:31:01 WIB
Dua Terdakwa Narkoba Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa DUA terpidana kasus penyalahgunaan narkotika setelah vonis hakim, berdiskusi dengan pengacaranya di PN Batusangkar. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batusangkar dalam persidangan kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika menjatuhkan vonis terhadap dua terdakwa masing-masing satu tahun enam bulan kurungan penjara dikurangi masa tahanan yang telah dijalankan. Tuntutan tersebut lebih ringan empat bulan dari tuntutan Jaksa penuntut umum.

 

Ketua majelis Hakim Pengadilan Negeri Batusangkar Tiwik yang juga merupakan Ketua Pengadilan bersama Hakim Anggota Rofi Arianto dan Meriyanti, yang memeriksa dan mengadili dalam sidang tersebut saat sidang putusan itu menyebutkan, menyatakan saudara Salman panggilan Salman secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan 1 bagi diri sendiri.

 

"Yang bersangkutan melanggar pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika sebagai mana yang terdapat dalam dakwaan alternatif ketiga penuntut umum," ujar Ketua Majelis Hakim, Tiwik, Rabu (7/8).

 

Vonis yang sama dalam waktu yang bersamaan juga dijatuhkan kepada Syafidin St Bandaro panggilan Afid yang dinyatakan sama-sama melakukan penyalahgunaan narkotika golongan 1 bagi diri sendiri.

 

Pengacara terdakwa, Yonefit Albasri Dt Malano Basa dan Mustafa Akmal Dt Sidi Ali usai sidang putusan itu menyebutkan bahwa kliennya menerima hasil putusan PN Batusangkar sama dengan jaksa penuntut umum yang juga menerima hasil putusan tersebut.

 

"Alhamdulillah klien kami Salman dan Afid berterimakasih kepada Majelis Hakim yang telah memvonis lebih ringan dari tuntutan JPU, mereka juga sangat menyesali perbuatannya dan selama persidangan ia bersikap santun, koperatif dan tidak berbelit-belit menjawab pertanyaan dalam persidangan," ujar Yonefit.

 

Syafidin merupakan warga Koto Tangah Kecamatan Tanjung Emas dan Salman adalah warga Balai Labuah Ateh Nagari Limo Kaum Kecamatan Limo Kaum sejak 16 Maret lalu telah menjalani penahanan titipan di rumah tahanan Parak Juar Batusangkar. (h/fma)


Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 13:10:18 WIB

    Banjir Bandang di Malalo, Dua Rumah Hanyut

    Banjir Bandang di Malalo, Dua Rumah Hanyut BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Kamis (16/1) mal hingga Jumat (17/1) dini hari tadi mengakibatkan terjadinya banjir bandang di Jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 08:02:00 WIB

    Hendak Diselendupkan ke Singapura, Dua  WNI Ditangkap 

    Hendak Diselendupkan ke Singapura, Dua  WNI Ditangkap  SINGAPURA,HARIANHALUAN,COM-- Dua warga Indonesia yang hendak diselundupkan  melalui wilayah perairan, ditangkap Korps Penjaga Pantai Singapura. Angkatan  juga membekuk kapten kapal asal Malaysia yang membawa dua WNI tersebu.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 19:31:12 WIB

    Buron hampir Dua Tahun, Pemuda Pemerkosa dan Begal Ini Akhirnya Ditangkap

    Buron hampir Dua Tahun, Pemuda Pemerkosa dan Begal Ini Akhirnya Ditangkap DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Setelah hampir dua tahun melarikan diri, pelarian seorang pemuda yang terlibat dalam aksi pemerkosaan pada 8 Juni 2018 lalu di Kabupaten Sijunjung berhasil diciduk oleh Polres Dharmasraya, Se.
  • Ahad, 12 Januari 2020 - 23:02:22 WIB

    Hilang Dua Pekan, Pria 91 Tahun Ini Ditemukan Meninggal dalam Hutan

    Hilang Dua Pekan, Pria 91 Tahun Ini Ditemukan Meninggal dalam Hutan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Diduga sudah pikun, seorang lansia di Nagari Durian Gadang, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten 50 Kota ditemukan meninggal dunia pada Minggu (12/1) sore di dalam hutan Lubuak Topokan, Jorong Bungo Tanj.
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 07:54:04 WIB

    Satres Narkoba Polres Pesisir Selatan Ciduk Dua Terduga Nyabu

    Satres Narkoba Polres Pesisir Selatan Ciduk Dua Terduga Nyabu PAINAN,HARIANHALUAN.COM --Dua orang pemuda warga Lansano, Kenagarian Lansano Taratak Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil diamankan oleh Satuan Reserse Narkoba Polres setempa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM