Dilantik Mahyeldi, Hendri Septa Jabat Ketua MES Kota Padang


Jumat, 09 Agustus 2019 - 08:29:17 WIB
Dilantik Mahyeldi, Hendri Septa Jabat Ketua MES Kota Padang Ketua MES Sumbar, Mahyeldi melantik Wakil Walikota Padang Hendri Septa sebagai Ketua MES Kota Padang. dok/humas

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa resmi dilantik sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menyusul surat keputusan Pengurus Pusat MES nomor 014/SK/MES-PST/VI/2019 tentang Penetapan Pengurus Daerah MES Kota Padang periode 1440H-1443 hijriah.

Seusai dilantik, Hendri mengatakan, akan langsung bekerja maksimal untuk mengapai kehidupan warga Kota Padang yang berkah dengan menerapkan ekonomi syariah.

“Karena tidak diterapkan, sistem ekonomi syariah ini sudah menjadi asing bagi masyarakat. Inilah tugas awal kita seluruh pengurus MES Kota Padang, untuk mengubah mindset masyarakat dalam memandang ekonomi syariah," ujarnya seusai dilantik Ketua Umum MES Sumatera Barat Mahyeldi di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang, Kamis (8/8/).

Ia mengatakan, penerapan ekonomi syariah tidah hanya sebatas tentang pengetahuan dan penerapan sistem perbankan atau jasa keuangan syariah saja tapi juga menyangkut tata kelola perekonomian secara keseluruhan dengan berdasarkan syariah.

“Baik itu tentang perdagangan atau jual-beli, simpan pinjam, industri, pariwisata, zakat, infaq, sedekah dan yang lainnya. Kita juga akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk mensukseskan penerapan sistem ekonomi syariah ini di Kota Padang dalam mewujudkan masyarakat madani," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum MES Sumbar, Mahyeldi mengatakan, penerapan ekonomi syariah harus diawali dengan menumbuhkan pemahaman masyarakat terhadap ekonomi syariah itu sendiri.

“Dari sisi jasa keuangan, Kota Padang telah menghadirkan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di seluruh kelurahan di Kota Padang. Ini menjadi starting point dalam mesosialisasikan ekonomi syariah di masyarakat,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat, Darwisman mengatakan, roadmap pengembangan keuangan syariah Indonesia 2017-2019, memiliki visi mewujudkan industri jasa keuangan syariah yang tumbuh dan berkelanjutan, berkeadilan, serta memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan menuju terwujudnya Indonesia sebagai pusat keuangan syariah dunia.

"Misinya itu agar dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan dan ketersediaan produk industri keuangan syariah yang lebih kompetitif dan efisien," ujarnya.

Setelah itu, sambungnya, agar dapat memperluas akses terhadap produk dan layanan keuangan syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan meningkatkan inklusi produk keuangan syariah dan koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk memperbesar pangsa pasar keuangan syariah.

Di kesempatan tersebut, MES Kota Padang langsung menandatangani nota kesepahaman dengan MUI Kota Padang tentang sosialisasi dan implementasi ekonomi syariah di Kota Padang dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan praktek terhadap konsep dan sistem ekonomi syariah bagi masyarakat Kota Padang. (*)


Reporter : Akmal /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM