Padang Godok 16 Ranperda untuk Segera Di-Perdakan


Sabtu, 10 Agustus 2019 - 18:16:11 WIB
Padang Godok 16 Ranperda untuk Segera Di-Perdakan Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Selama 2019, Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang telah mengusulkan 16 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah (Perda).

Kepala Bagian Hukum Pemko Padang, Yopi Krislova mengatakan, dari 16 ranperda yang diusulkan tersebut, tiga diantaranya bersifat rutin, empat lanjutan dan sembilan lainnya usulan baru.

“Ranperda yang rutin yakni pertanggungjawaban APBD, perubahan APBD 2019 dan rancangan APBD 2020,” katanya, kemarin.

Sedangkan untuk ranperda lanjutan, kata Yopi, yakni Rencana Induk Pariwisata Daerah, Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Telekomunikasi serta Perusahaan Air Minum Daerah. Setelah itu Ranperda baru, yakni Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, Izin Usaha Industri, Kepemudaan, Wajib Belajar, Penyalahgunaan Lem

"Perubahan Kedua atas Perda Kota Padang no 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat. Tahun ini sudah ada tujuh ranperda yang telah disetujui lewat paripurna dan masih menunggu nomor register untuk ditetapkan sebagai Perda,” sebutnya.

Tujuh ranperda tersebut, sambungnya, tiga diantaranya inisiatif Pemko Padang yaitu Izin Usaha Industri, Perusahaan Daerah Air Minum dan Kepemudaan. Sedangkan empat lainnya merupakan inisiatif DPRD yaitu Cagar Budaya, Penyelenggaraan Kota Layak Anak, Perparkiran, dan Pemberdayaan Masyarakat Nelayan.

“Diharapkan ranperda yang belum tuntas, dapat segera diselesaikan sehingga targetnya bisa tercapai tahun ini secara keseluruhan,” katanya.

Sebelumnya, empat Ranperda Inisiatif telah selesai dibahas oleh Pemerintah Kota Padang bersama DPRD Kota Padang. Keempat ranperda itu, yakni Ranperda inisiatif cagar budaya, Ranperda nisiatif perparkiran, Ranprda inisiatif perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil dan pembudidayaan ikan kecil masyarakat serta Ranperda inisiatif kota layak anak.

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih dan apresiasi dan terkhusus kepada para pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang yang telah menyelesaikan pembahasan terhadap 4 Ranperda Inisiatif DPRD Kota Padang dengan baik.

"Kami tentu berterima kasih sekali kepada semua pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang yang telah berupaya melahirkan 4 Ranperda inisiatif, yang sebentar lagi akan ditetapkan menjadi perda. Semoga upaya bapak ibu semua bermanfaat untuk kebaikan dan kemajuan Kota Padang ke depan," katanya (*)

 


Reporter : Akmal /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM