Bendera Raksasa Berkibar Gunung Kasumbo


Ahad, 11 Agustus 2019 - 16:53:59 WIB

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Menjelang peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74, sekitar 1.500 warga Sungayang dan sekitarnya memupuk nasionalisme dan membuktikan kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan mengibarkan bendera sangsaka merah putih berukuran besar di puncak Gunuang Kasumbo, Sungayang, Sabtu (9/9).

Pengibaran bendera merah putih di dataran berketinggian 685,1 Mdpl itu telah berlangsung sejak 7 tahun terakhir dan sejak 2017 hingga tahun ini dikibarkan dengan perhelatan upacara bendera yang juga melibatkan pasukan pengibar, membacakan teks proklamasi, pancasila yang dipimpin inspektur upacara, menyanyikan lagu kebangsaan, mengheningkan cipta serta dipimpin komandan upacara dari Koramil Sungayang. Pada upacara tersebut hadir tokoh masyarakat Forkopikca, tokoh pemuda, wali nagari beserta forum unsur.

 

Tokoh masyarakat Sungayang yang juga memotori pengibaran bendera pada perayaan Agustus tahun ini, Yasman Yanosar menyebut, usai penaikan bendera di Gunung Kasumbo itu mengatakan, bahwa agenda itu merupakan rutinitas pemuda Jorong Duo Sungayang (Jordus) yang kini telah menjadi agenda kecamatan dan diperingati setiap menjelang HUT RI 17 Agustus.

 

"Bendera akan berkibar mulai hari ini hingga H plus tujuh nanti, ini awalnya kita lakukan sejak tujuh tahun lalu, dulu tiang bendera ini hanya menggunakan sebatang bambu dan bendera kecil, namun sejak tiga tahun ini atas tingginya animo masyarakat Sungayang khususnya, kita gelar alek anak nagari yang dimotori Jordus dan kini menggunakan bendera ukuran besar yaitu 8 x 5 meter," ujarnya.

 

Dikatakan, sebelum bendera dikibarkan, terlebih dahulu pasukan pengibar menggiring bendera dari lapangan Bungo Setangkai yang berjarak 2,5 kilometer dari puncak Gunung Kasumbo dengan mendaki yang cukup terjal sekitar 1,5 kilometer berjalan kaki.

 

Inspektur pacara, Betty Shadiq Pasadigoe, saat menyampaikan amanah dalam upacara tersebut mengatakan rasa syukur atas terlaksananya pengibaran bendera merah putih itu dengan penuh semangat nasionalisme.

 

"Pengibaran ini adalah kegiatan anak nagari, tahun ini mendapat respon positif dari masyarakat. Tujuan utamanya mengokohkan dan menyatukan masyarakat dalam membangun kecintaan kepada negara tercinta NKRI, Gunung Kasumbo sebagai ikon Sungayang ini kita jadikan puncak pengibaran simbol negara ini sebagai wujud memperingati Ultah RI ke 74," ujar Betty

 

Ia berharap melalui mementum itu agar masyarakat mempererat persatuan, meningkatkan semangat keikhlasan, pengorbanan dari yang telah diwariskan para pahlawan bangsa yang merebut kemerdekaan.

"Jasmerah, kata Bung Karno, jangat kita melupakan sejarah bangsa, dimana para pahlawan telah bertumpahkan darah merebut kemerdekaan dari penjajah, kini kita bagaimana dalam mengisi kemerdekaan itu dengan hal-hal positif, membangun nagari, generasi muda dan kepada anak-anak kami agar selalu semangat dalam mencapai cita-cita," ujarnya.

 

Pengibaran bendera itu dilangsungkan sekitar satu jam dari pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB, sebelumnya masyarakat telah ramai menyusuri jalan tanah yang sangat terjal itu untuk turut menyaksikan detik-detik penaikan bendera. Pelaksana acara juga menyediakan kupon undian berhadiah, terdapat 100 nomor yang beruntung memperoleh hadiah dari berbagai sumbangan masyarakat, perbankan dan dari Anggota DPR RI Betty Shadiq sebagi putra daerah Sungayang.

 

Bendera ukuran besar tersebut terlihat dari jarak sekitar 10 kilometer karena ditempatkan di posisi strategis, juga terlihat dari jalan provinsi Batusangkar - Bukittinggi dari sekitaran Kecamatan Sungai Tarab. (h/fma)


Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 11:32:21 WIB
    74 TAHUN KELISTRIKAN NASIONAL

    Nagari Sudah 100% Berlistrik, Sumbar Terang Benderang

    Nagari Sudah 100% Berlistrik, Sumbar Terang Benderang Hari Listrik Nasional (HLN) tahun ini menjadi prestasi tersendiri bagi jajaran PLN UIW Sumatera Barat, karena Ranah Minang telah terang benderang. Benarkan? Berikut kutipan wawancara Reporter HaluanTV (Haluan Media Group), A.
  • Ahad, 18 Agustus 2019 - 15:19:54 WIB

    Bendera Raksasa Berkibar di Puncak Pari

    Bendera Raksasa Berkibar di Puncak Pari SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Bendera Merah Putih besar berukuran 15 X 28 meter, terbentang di Pucak Pari Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Bensera raksasa itu dibentangkan bertepatan dengan upacara peri.
  • Rabu, 24 April 2019 - 08:11:27 WIB

    Terbaik Pelaksanaan SMK3, PLN Sumbar Terima Penghargaan ‘Bendera Emas' dari Kemenakertrans RI

    Terbaik Pelaksanaan SMK3, PLN Sumbar Terima Penghargaan ‘Bendera Emas' dari Kemenakertrans RI PADANG, HARIANHALUAN.COM – PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Dengan poin 88,52%, UIW.
  • Selasa, 13 September 2016 - 20:18:10 WIB

    Bendera Merah Putih Dipasang Terbalik, Wabup Limapuluhkota Meradang

    Bendera Merah Putih Dipasang Terbalik, Wabup Limapuluhkota Meradang LIMAPULUHKOTA, HALUAN--Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, meradang ketika mengetahui bendera Indonesia dipasang terbalik di Kantor Sekretariat Daerahyang terletak di kawasan Bukiklimau Sarilamak, Selasa (12/9)..
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 11:40:13 WIB

    Pengibar Bendera di Mentawai Nyemplung ke Laut

    Pengibar Bendera di Mentawai Nyemplung ke Laut MENTAWAI, HALUAN-Sejumlah tim terkait di Mentawai bikin sensasi sendiri. Jika di Harau, Kabupaten Limapuluh Kota ada pengibaran bendera raksasa, maka di Mentawai ada pengibaran bendera bawah laut. Tak tanggung-tanggung. Merek.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM