Jaga Kebersihan Sungai, Padang Segera Terapkan Perda Sampah


Senin, 12 Agustus 2019 - 08:07:12 WIB
Jaga Kebersihan Sungai, Padang Segera Terapkan Perda Sampah Ilustrasi, Pramuka Sumbar membersihkan Batang Arau. dok/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang terus fokus dan serius genjot kebersihan sungai bebas sampah. Saat ini, pihaknya siap berlakukan Peraturan Daerah (perda) sampah dengan mulai membentuk forum lurah peduli sungai.

Kepala DKP Guswardi, Jumat (9/8) menuturkan, pembentukan forum lurah peduli sungai tersebut melibatkan lima kelurahan di kawasan Batang Arau. Tidak hanya kelurahan, LPSM dan tokoh maayarakat juga dirangkul untuk menyukseskannya.

"Kami sudah bentuk, kemudian akan melakukan rapat koordinasi serta perencanaan yang matang. Supaya di kawasan Sungai Batang Arau bebas dari sampah baik di laut, sungai maupun darat," terang Guswardi optimis.

Ia juga menyampaikan, saat ini dibeberapa titik, Wali Kota Padang sudah masang barner atau iklan dilarang membuang sampah ke sungai. Larangan tersebut kata Guswardi, akan diselaraskan juga kembali menggerakkan perda sampah yang selama ini sudah dibuat.

"Sesuai perda, jika ada yang kedapatan membuang sampah ke sungai maka akan mendapatkan hukuman kurungan penjara selama tiga bulan atau denda sebesar Rp5 juta. Kesadaran peduli lingkungan ini yang akan kembali kami lakukan terjadap masyarakat sekitar," kata Guswardi.

Ia menuturkan, saat ini pihak terkait satu kali dalam sepekan sudah melakukan gotong royong (goro) di kawasan Batang Arau. Baik goro di lingkungan rumah, maupun di sungai.

"Terkait itu, kami juga sudah menyiapkan 1.000 lembar selebaran yang isinya imbauan dari Wali Kota Padang Mahyeldi. Selebaran tersebut nantinya akan kami bagikan saat goro maupun diantar ke rumah warga," ucapnya.

Guswardi berharap masyarakat sekitar bisa mematuhi aturan tersebut karena ini menyangkut kepedulian lingkungan sekitar. "Jadi nanti siapa yang kedapatan masih membuang sampah ke sungai akan kena sangsi sesuai perda. Kami berharap masyarakat juga ikut menjadi petugas kebersihan di lingkungan sendiri," harapnya. (*)

loading...
Reporter : Akmal /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]