Alhamdulillah, Pagi Ini Hujan Mengguyur Kota Pekanbaru


Senin, 12 Agustus 2019 - 09:25:35 WIB
Alhamdulillah,   Pagi Ini Hujan Mengguyur Kota Pekanbaru hujan mengguyur kota Pekanbaru. (dok.Fifi)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM- Alhamdulillah, pagi ini hujan lebat mengyur kota Pekanbaru, Riau, Senin pagi (12/8/2019). Tentu, turunnya hujan diharapkan bisa menyapu kabut asap Karhutla yang kian menyesakkan dada  belakangan ini.

 

"Iyo, tetiba hujan deras pagi ini di kota Pekanbaru. Alhamdulillah," ujar Fifi, seorang pendidik di kota ini ketika dikonfirmasi harianhaluan.com, Senin pagi.
Ia berharap rahmat Allah yang turun pagi ini  bisa menyapu kabut asap yang semakin parah.

    

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebelumnya memprakirakan, sejumlah kawasan di Riau berotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Turunnya hujan memang menjadi doa dan harapan warga  disaat titik panas (hotspot) semangkin mngepung Riau. Jumlahnya menembus angka 156 titik. Parahnya, dari jumlah tersebut, 116 dipastikan titik api.

"Jumlah ini melonjak drastis dibanding hari sebelumnya. Sebanyak 156 titik panas tersebar di 11 kabupaten dan ota di provinsi Riau," ujar Kasi Data BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki,  seperti dikutipdari  cakaplah.com, Senin (12/8/2019).
Ia menjelaskan, 156 hotspot tersebut tersebar di Rokan Hilir 24 titik, Pelalawan 40 titik, Rokan Hulu 3 titik, Kampar 6 titik dan Bengkalis 7 titik. Sementara di Kuantan Singingi terdeteksi 2 titik, Dumai 2 titik, Indragiri Hulu 15 titik, Siak 29 titik, Indragiri Hilir 21 titik dan Kepulauan Meranti 7 titik.

Dari jumlah tersebut, 116 titik diantaranya dipastikan kebakaran hutan dan lahan. Karena memiliki level konfidence di atas 70 persen.

.
Titik tersebut tersebar di Rokan Hilir 15 titik, Kampar 6 titik, Rokan Hulu 1 titik, Kepulauan Meranti 7 titik, Bengkalis 6 titik, Kuantan Singingi 1 titik, Siak 22 titik, Indragiri Hulu 11 titik, Pelalawan 28 titik dan Indragiri Hilir 19 titik.

"Kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran. Sehingga kebakaran di Riau bisa segera berakhir," pungkasnya.*


 Sumber : Cakaplah /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM