Genius Umar Terima 10 Aspirasi Suara Anak


Senin, 12 Agustus 2019 - 16:31:46 WIB
Genius Umar Terima 10 Aspirasi Suara Anak WALI Kota Pariaman, Genius Umar menerima 10 aspirasi suara anak Pariaman pada puncak peringatan HAN tingkat Kota Pariaman di balai kota setempat kemarin. TRISNALDI

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Pariaman terus melengkapi fasilitas anak melalui program pembangunan infrastruktur kota. Wali Kota Pariaman, Genius Umar pada pincak peringatan HAN Tingkat Kota Pariaman di Balai Kota menjawab Haluan, Senin (12/8) menyebut, pembangunan tersebut sudah di laksanakan di desa dan kelurahan yang ada di kota ini.

“Pembangunan ini akan terus berjalan,” ulas Genius Umar kepada Haluan.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 204, Sembuh 99, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Anak-anak, lanjutnya, harus tumbuh dan berkembang secara baik, sehingga anak-anak di kota ini menjadi anak-nak cerdas. Begitupun di bidang pendidikan, bus sekolah ada untuk membawa anak ke sekolah dan jemputan sekolah.
Anak-anak menunggu di halte-halte yang dilalui rute bus sekolah, jadi fasilitas tersebut hendaknyan dimanffatkan oleh pelajar di kota ini.

Begitu pula dengan program wajib belajar 12 tahun, walau pada tingkat SMA/SMK pengelolaanya berada dintingkta provinsi sumbar, tapi pemko tetap uoayakan secara maksimal untuk wajar 12 tahun itu dan sekarang urusanya hampir final.

Baca Juga : Pasca Oknum Pegawai Lapas Terlibat Narkoba, Kalapas Bukittinggi Gelar Razia dan Bentuk Tim Khusus

Termasuk membuat ruang bermain ramah anak yang cukup banyak di sepanjang pantai pariaman.
Selain itu, dimintakan juga kepada camat, untuk membuat tempat bermain anak ditempatnya masing-masing.

"Pemerintah kota sangat menyupor untuk dapat tumbuh berkembang anak agar mereka menjadi anak-anak yang pintar ke depanya, banyak program untuk ini dilakukan, termasuk dengan perda untuk perlindungan anak, sehingga hak-hak anak kota pariaman terpenuhi,” kata dia.

Baca Juga : Aksi Pencurian Kotak Amal di Dharmasraya Ini Terekam CCTV

Namun wali kota juga minta orang tua dan pihak sekolah, untuk membawa anaknya ke sarana yang telah disediakan, untuk mengetahui apa yang dibutuhkan anak-anak di daerah itu.

Terkait 10 aspirasi yang disampaikan anak Pariaman tentang pemenuhan hak anak kepada Pemko pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat daerah itu, Wali Kota Pariaman berusaha untuk merealisasikanya.

Baca Juga : Pemerintahan Kecamatan IV Jurai Lakukan Vaksinasi Covid-19

“Kami sangat berharap Pemko Pariaman dapat merealisasikan suara anak-anak ini," kata Ketua Forum Anak Kota Pariaman, Annisa Pertiwi.

Adapun 10 aspirasi itu, mengatasi stunting, hidupkan kembali permainan tradisonal anak serta pengenalan kesenian dan kebudayaan Minangkabau, meningkatkan fasilitas untuk anak berkebutuhan khusus.
Begitu juga dengan melindungi anak dari eksploitasi dan diskriminasi, menyediakan taman baca dan pondok bahasa asing, meningkatkan pengendalian peredaran narkoba, dan Pariaman bebas dari iklan rokok.

Serta memperbanyak kegiatan menyalurkan kreativitas anak, melibatkan forum anak untuk edukasi kesiapsiagaan bencana, dan termasuk pemerataan kualitas pendidikan di Pariaman. (h/tri)

Reporter : Trisnaldi | Editor : HSP
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected].com