Genius Umar Terima 10 Aspirasi Suara Anak


Senin, 12 Agustus 2019 - 16:31:46 WIB
Genius Umar Terima 10 Aspirasi Suara Anak WALI Kota Pariaman, Genius Umar menerima 10 aspirasi suara anak Pariaman pada puncak peringatan HAN tingkat Kota Pariaman di balai kota setempat kemarin. TRISNALDI

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Pariaman terus melengkapi fasilitas anak melalui program pembangunan infrastruktur kota. Wali Kota Pariaman, Genius Umar pada pincak peringatan HAN Tingkat Kota Pariaman di Balai Kota menjawab Haluan, Senin (12/8) menyebut, pembangunan tersebut sudah di laksanakan di desa dan kelurahan yang ada di kota ini.

“Pembangunan ini akan terus berjalan,” ulas Genius Umar kepada Haluan.

Anak-anak, lanjutnya, harus tumbuh dan berkembang secara baik, sehingga anak-anak di kota ini menjadi anak-nak cerdas. Begitupun di bidang pendidikan, bus sekolah ada untuk membawa anak ke sekolah dan jemputan sekolah.
Anak-anak menunggu di halte-halte yang dilalui rute bus sekolah, jadi fasilitas tersebut hendaknyan dimanffatkan oleh pelajar di kota ini.

Begitu pula dengan program wajib belajar 12 tahun, walau pada tingkat SMA/SMK pengelolaanya berada dintingkta provinsi sumbar, tapi pemko tetap uoayakan secara maksimal untuk wajar 12 tahun itu dan sekarang urusanya hampir final.

Termasuk membuat ruang bermain ramah anak yang cukup banyak di sepanjang pantai pariaman.
Selain itu, dimintakan juga kepada camat, untuk membuat tempat bermain anak ditempatnya masing-masing.

"Pemerintah kota sangat menyupor untuk dapat tumbuh berkembang anak agar mereka menjadi anak-anak yang pintar ke depanya, banyak program untuk ini dilakukan, termasuk dengan perda untuk perlindungan anak, sehingga hak-hak anak kota pariaman terpenuhi,” kata dia.

Namun wali kota juga minta orang tua dan pihak sekolah, untuk membawa anaknya ke sarana yang telah disediakan, untuk mengetahui apa yang dibutuhkan anak-anak di daerah itu.

Terkait 10 aspirasi yang disampaikan anak Pariaman tentang pemenuhan hak anak kepada Pemko pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat daerah itu, Wali Kota Pariaman berusaha untuk merealisasikanya.

“Kami sangat berharap Pemko Pariaman dapat merealisasikan suara anak-anak ini," kata Ketua Forum Anak Kota Pariaman, Annisa Pertiwi.

Adapun 10 aspirasi itu, mengatasi stunting, hidupkan kembali permainan tradisonal anak serta pengenalan kesenian dan kebudayaan Minangkabau, meningkatkan fasilitas untuk anak berkebutuhan khusus.
Begitu juga dengan melindungi anak dari eksploitasi dan diskriminasi, menyediakan taman baca dan pondok bahasa asing, meningkatkan pengendalian peredaran narkoba, dan Pariaman bebas dari iklan rokok.

Serta memperbanyak kegiatan menyalurkan kreativitas anak, melibatkan forum anak untuk edukasi kesiapsiagaan bencana, dan termasuk pemerataan kualitas pendidikan di Pariaman. (h/tri)


Reporter : Trisnaldi /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Mei 2019 - 20:39:02 WIB

    Genius Umar Promosikan Wisata Pariaman ke Negara Asia Pasifik

    Genius Umar Promosikan Wisata Pariaman ke Negara Asia Pasifik KOTA PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - The 33rd TPO Executifve Committe Metting bertujuan mempromosikan pencitraan kota dan sumber daya pariwisata dari kota-kota anggota yang menargetkan pasar pariwisata Indonesia yang berbasis g.
  • Jumat, 03 Mei 2019 - 20:24:53 WIB

    Mutasi  di Pemko Pariaman, Inilah Pejabat yang Dilantik Wako Genius Umar

    Mutasi  di Pemko Pariaman, Inilah Pejabat yang Dilantik Wako Genius Umar PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Mutasi  bergulir di jajaran Pemerintah Kota Pariaman. Walikota Pariaman Genius Umar, melantik pejabat eselon II, III dan IV serta Kepala Rumah Sakit di Lingkungan Pemko Pariaman, di Aula Balaikota .
  • Rabu, 17 April 2019 - 16:22:02 WIB

    Genius Umar Mencoblos di TPS 002

    Genius Umar Mencoblos di TPS 002 PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wali kota Pariaman, Genius Umar bersama istri Lucyanel Arlyem menggunakan hak pilihnya di TPS 002 di Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, Rabu (17/4)..
  • Kamis, 11 Oktober 2018 - 13:33:32 WIB
    HARI PERTAMA DUA WALI KOTA BARU

    Fadly Masuk Pasar, Genius Sampaikan Program

    Fadly Masuk Pasar, Genius Sampaikan Program Sehari usai dilantik Gubernur Sumbar, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran dan Wali Kota Pariaman, Genius Umar langsung tancap gas. Keduanya tak mau larut dalam euforia semata, dan langsung bekerja. Haluan berkesempatan meng.
  • Senin, 14 November 2016 - 00:36:14 WIB

    Genius Umar Bantu Keltan Desa Tungkal

    Genius Umar Bantu Keltan Desa Tungkal PARIAMAN, HALUAN — Wakil Walikota Pariaman Genius Umar silaturahmi dengan kelompok tani Desa Tungkal Selatan, sekaligus menyerahkan bantuan infra­struktur pertanian berupa Saluran Irigasi, Jalan Usaha Tani, dan Alat Penyem.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM