Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal Salurkan Kurban ke Berbagai Daerah


Senin, 12 Agustus 2019 - 23:07:22 WIB
Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal Salurkan Kurban ke Berbagai Daerah Penyerahan sapi kurban dari Kapolda Irjen Pol Fakhrizal kepada Ketua IJTI Sumbar, Jhonedy Kambang, di Masjid Nurul Ikhlas Asrama Polri Jati, Minggu (11/8). IST

PADANG,HARIANHALUAN.COM—Pada perayaan Hari Raya Iduladha tahun ini, jajaran kepolisian di seluruh Sumbar menyumbangkan sapi kurban sebanyak 109 ekor. Sapi kurban tersebut disebar ke seluruh warga Sumbar hingga ke pelosok. Dari ratusan ekor sapi tersebut, termasuk di dalamnya 12 ekor sapi kurban pribadi Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal.

Hari Raya Idhuladha dijadikan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal untuk berbagi dengan sesama. Selain menyantuni kaum dhuafa, Kapolda yang urang awak itu juga menyumbangkan 12 ekor sapi kurban. Sapi-sapi itu disebar ke sejumlah masjid yang ada di Sumbar, termasuk daerah pelosok.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

St. Malin, salah seorang pengurus Masjid di Kota Padang mengaku sangat bangga masjidnya ikut dipercaya sebagai penerima dan penyalur sapi dari Polda Sumbar. “Tentu sebagai pengurus masjid, kami amat bersyukur Kapolda Sumbar menyumbang sapi di masjid kami. Selain itu, kami dapat bersilaturahmi dengan Kapolda urang awak itu,” kata St. Malin kepada wartawan, Minggu (11/8).

Polda Sumbar dalam Iduladha 1440 H ini menyalurkan 24 ekor sapi kurban, 12 ekor sapi di antaranya merupakan kurban pribadi Kapolda Irjen Pol H Fakhrizal. Namun, jika ditotal keseluruhan sapi yang disumbangkan seluruh jajaran kepolisian di Sumbar hingga ke tinkat Polres, maka totalnya mencapai 109 ekor sapi.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Saat penyerahan sapi kurban di Masjid Nurul Ikhlas Asrama Polri Jati, Irjen Pol Fakrizal menyebutkan, penyaluran hewan kurban adalah bukti bahwa jajaran kepolisian di Ranah Minang selalu berusaha lebih dekat dengan masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan yang dilakukan tidak sekadar kegiatan yang meliputi aktivitas menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kurban sebisanya adalah aktivitas rutin tahunan bagi kita. Idhuladha dimaknai sebagai hari berbagi dengan sesama. Berkurban adalah pengejewantahan dari keinginan untuk berbagi itu. Semoga daging kurban nantinya bisa dinikmati masyarakat, terutama kaum dhuafa yang tidak setiap hari bisa makan daging,” kata Fakhrizal.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Menurut pengakuannya, selain sapi yang disebar oleh jajaran Polres se-Sumbar, sapi kurban dari Polda Sumbar juga disebar ke berbagai wilayah di Sumbar hingga ke pelosok-pelosok. “Kurban di Polda sendiri tidak tertumpu untuk warga Padang saja. Tapi disebar ke berbagai wilayah sampai ke pelosok-pelosok,” sambungnya.

Kapolda tahun ini juga menyerahkan sapi kurban untuk dua organisasi wartawan di Sumbar, yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). Sapi kurban tersebut diserahkan langsung oleh Kapolda kepada Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dan Ketua IJTI Sumbar Jhonedy Kambang. (h/shq)

Baca Juga : Gubernur Minta Sumbar Jangan Lagi Masuk Zona Merah Covid-19

Reporter : Ishaq | Editor : DNJ
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]