Waduh! Bangunan Tanpa IMB Banyak Muncul di Solok


Selasa, 13 Agustus 2019 - 14:18:17 WIB
Waduh! Bangunan Tanpa IMB Banyak Muncul di Solok Bangunan untuk Restoran di depan SPBU Tanah Garam Kota Solok tanpa IMB.

SOLOK, HARIANHALUAN.COM_Sejumlah bangunan tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bermunculan di Kota Solok.
Ironisnya bangunan itu berada di pinggir jalan utama dan mengganggu arus lalu lintas.
Dari panatauan harianhaluan.com di lapangan terlihat sejumlah bangunan tanpa IMB itu berada di kawasan Air Mati pasar Solok, bandar panduang Tanah Garam dan terakhir muncul lagi di VI Suku depan SPBU St Mudo.
Rencananya untuk restoran, bangunan itu sudah hampir siap 80 % atas nama pemilik Zulkarnain.
Di Air Mati, bangunan menjorok ke jalan begitu juga di Pandan Ujung dan mengganggu lalu lintas. Sementara itu di Bandar Pandung sangat parah lagi, bangunan semi permanen itu berada di berm jalan. Padahal sesuai ketentuan bangunan harus 12 meter dari as jalan jika di jalan utama.
Maraknya bangunan liar di jalan utama di Kota Solok mendapat sorotan tajam masyarakat, seakan-akan wibawa pemerintah Kota Solok diinjak-injak.
Pemeintah Kota Solok harus bertindak tegas menertibkan bangunan tanpa IMB, terang Mansyur seorang pemuka masyarakat di Kota Solok.
Untuk menertibkan bangunan itu, Pemda Kota Solok punya OPD penegak peraturan daerah, berdayakan Satpol PP itu, tambahnya. Bahkan juga ada polisi dan TNI yang siap mem back up.
Untuk bangunan Resto di depan SPBU Tanah Garam sangat parah lagi, selain tidak mengantongi IMB juga menggasak taman PKK yang ada didepannya. Taman itu merupakan fasilitas umum bagi anak-anak dan remaja untuk bermain dan santai.
Kepala Dinas Pekejaan Umum Penataan Ruang melalui Sekretarisnya Jufri Suardi kepada harianhaluan.com Selasa(13/8) membenarkan maraknya bangunan tanpa IMB. Terhadap bangunan diatas sudah ada perintah Walikota Solok untuk dieksekusi.
Kami di Dinas PUPR menunggu surat perintah secara tertulis, dalam rapat bersama sudah ada persetujuan, terang Jufri.
Sementara itu Zulkarnain yang ditanya harianhaluan.com tentang bangunan Restonya mengakui tidak punya IMB.
Saya sudah mengajukan izin dan tercatat 3 kali mengajukan namun tidak keluar.
Malahan yang diterima surat teguran, sudah ada 3 kali teguran ke saya, ujar Zulkarnain mantan anggota DPRD Kota Solok 2014_2019 ini. (*)

 


Reporter : Alfian /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM