Pemko Solok Tak Bertaring?, Bangunan Tanpa IMB Seolah Dibiarkan


Selasa, 13 Agustus 2019 - 14:30:34 WIB
Pemko Solok Tak Bertaring?, Bangunan Tanpa IMB Seolah Dibiarkan TAK ADA IMB - Bangunan resto di depan SPBU Tanah Garam Kota Solok tanpa IMB. ALFIAN

SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah bangunan tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bermunculan di Kota Solok. Ironisnya, bangunan itu berada di pinggir jalan utama dan mengganggu arus lalu lintas.

Dari panatauan Haluan di lapangan, terlihat sejumlah bangunan tanpa IMB itu berada di kawasan Air Mati Pasar Solok, bandar panduang Tanah Garam dan terakhir muncul lagi di VI Suku depan SPBU St Mudo. Rencananya untuk restoran, bangunan itu sudah hampir siap 80 persen atas nama pemilik Zulkarnain.

Di Air Mati, bangunan menjorok ke jalan begitu juga di pandan ujung dan mengganggu lalu lintas. Sementara itu di Bandar Pandung sangat parah lagi, bangunan semi permanen itu berada di jalan,  padahal, sesuai ketentuan bangunan harus 12 meter dari jalan jika di jalan utama.

Maraknya bangunan liar di jalan utama di Kota Solok mendapat sorotan tajam masyarakat, seakan-akan wibawa pemerintah Kota Solok diinjak-injak.

“Pemeintah Kota Solok harus bertindak tegas menertibkan bangunan tanpa IMB,” sebut Mansyur, salah seorang pemuka masyarakat di Kota Solok.

Untuk menertibkan bangunan itu, lanjutnya, Pemko Kota Solok punya OPD penegak peraturan daerah. “Berdayakan Satpol PP itu,” tambahnya sembari menyebut kalau ada beberapa bangunana tanopa izin yang di backup oleh oknum polisi dan TNI.

Yang lebih parah lagi, lanjutnya, bangunan Resto di depan SPBU Tanah Garam selain tidak mengantongi IMB, diduga juga menggasak taman PKK yang ada di depannya. Taman itu merupakan fasilitas umum bagi anak-anak dan remaja untuk bermain dan santai.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Pekejaan Umum Penataan Ruang Kota Solok, melalui sekretaris, Jufri Suardi kepada Haluan, Selasa(13/8) membenarkan maraknya bangunan tanpa IMB di Kot Solok ini.  “Pemerintah Kota Solok sudah mendata bangunan tanpa izin tersebut. Dalam waktu dekat, segera akan dilakukan eksekusi,” sebutnya.

Saat ini, dikatakan Jufri, Dinas PUPR tinggal menunggu surat surat perintah secara tertulis untuk melakukan eksekusi.

Kepada Haluan, pemilik bangunan resto di Tanah Garam, Zulkarnain membenarkan baha=wa bangunan miliknya memang tidak memiliki izin. “Saya sudah mengajukan izin dan tercatat 3 kali. Namun hingga saat ini, izinnya tak kunjung keluar,” sebutnya sembari mengatakan bahwa ia sudah menerima surat teguran dari Pemko Solok sebanyak 3 kali. (h/alf/hel)


Reporter : Alfian /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM