Erwin Yunaz Tinjau Pemotongan Hewan Kurban di RPH Payobasung


Selasa, 13 Agustus 2019 - 15:24:59 WIB
Erwin Yunaz Tinjau Pemotongan Hewan Kurban di RPH Payobasung Wakil Wali Kota Erwin Yunaz beserta jajaran tinjau pemotongan hewan kurban di RPH Modern Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Senin (12/8). ARIE

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz meninjau pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) modern Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur,  Senin (12/8). Di RPH tersebut, dilakukan pemotongan satu ekor sapi jenis Brahman Cross atau sapi BX yang merupakan hewan kurban dari jemaah Masjid Makmur Nunang, Payakumbuh Barat.

 

Erwin Yunaz menyampaikan pemotongan sapi BX dengan berat  mencapai 400 kg, pemotongannya dilakukan di RPH Modern dalam rangka mengajak masyarakat Kota Payakumbuh yang memiliki hewan kurban atau hewan sapi yang akan dipotong, untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah. 

 

"RPH Modern Payakumbuh ini telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI dan Nomor Kontrol Veteriner. Sehingga daging yang berpotensi sebagai makanan berbahaya dapat dihindari,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Erwin mengimbau masyarakat atau pengurus masjid yang melakukan pemotongan untuk tidak memotong sapi betina produktif. Selain itu, untuk pembagian daging, Erwin Yunaz mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik sebagai tempat daging.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Depi Sastra menjelaskan pihaknya telah menganggarkan pengadaan mesin stunning box untuk tempat pemotongan hewan sapi jenis lokal. Sehingga ke depannya semua pemotongan hewan sapi yang ada di Kota Payakumbuh dan sekitarnya dapat dilakukan di RPH Modern.

 

“Untuk pemotongan di sini tidak sulit, cukup dengan mendaftar dan melengkapi persyaratan maka dapat dilakukan pemotongan di sini. Salah satu persyaratannya adalah membayar uang retribusi sebesar Rp 50ribu per ekor sapi, menyerahkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan hewan sapi yang akan dipotong tidak merupakan sapi betina produktif,” ujarnya. 

 

Pemotongan hewan kurban jamaah Masjid Makmur Nunang Daya Bangun ini disaksikan langsung oleh masyarakat peserta kurban dan Ketua Pengurus Masjid Yonaldi. Turut menyaksikan Sekda Rida Ananda, Kepala Dinas Pertanian Depi Sastra dan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Sujarmen. (h/mg-ari)

 


Reporter : Arie Alfikri /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 12:05:46 WIB

    Erwin Yunaz: Tugas Pemuda Membuka Pandangan Menyambut Masa Depan

    Erwin Yunaz: Tugas Pemuda Membuka Pandangan Menyambut Masa Depan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemko Payakumbuh menggelar upacara bendera di halaman eks Balai Kota Bukik Sibaluik, Kota Payakumbuh, Senin (28/10). Bertindak sebagai inspektur upa.
  • Senin, 29 Juli 2019 - 15:08:50 WIB

    Erwin Yunaz Sampaikan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPRD Payakumbuh Terkait Ranperda APBD-P 2019

    Erwin Yunaz Sampaikan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPRD Payakumbuh Terkait Ranperda APBD-P 2019 PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Payakumbuh gelar rapat paripurna dengan agenda pengantar nota keuangan tentang Ranperda APBD Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran (TA) 2019 di Ruang Sidang Utama, DPRD Payakumbuh, Senin (.
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 16:15:38 WIB

    Erwin Yunaz Motivasi Peserta Pelatihan Keterampilan Pemuda

    Erwin Yunaz Motivasi Peserta Pelatihan Keterampilan Pemuda PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memotivasi para pemuda yang menjadi peserta Pelatihan Keterampilan Pemuda di Tiakar, Payakumbuh Timur, Rabu (17/7). Pelatihan yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemud.
  • Senin, 15 Juli 2019 - 12:42:46 WIB

    Riza-Erwin Hadiri Halalbihalal IKK

    Riza-Erwin Hadiri Halalbihalal IKK PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi dan Erwin Yunaz hadiri halalbihalal Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang (IKK) di Tanah Abang, Jakarta, Minggu (14/7). Halalbihalal berl.
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 16:05:02 WIB

    Riza-Erwin Silaturahmi dengan Wali Kota Bandung

    Riza-Erwin Silaturahmi dengan Wali Kota Bandung PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi kedatangan tamu spesial. Sahabat lamanya, Oded Muhammad Danial yang kini menjabat Wali Kota Bandung, berkunjung ke Payakumbuh untuk bersilaturahmi dengannya. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM