Wow Asyiknya! PNS Nantinya Bisa Kerja dari Rumah?


Selasa, 13 Agustus 2019 - 20:52:33 WIB
Wow Asyiknya! PNS Nantinya Bisa Kerja dari Rumah? Ilustrasi, kesibukan PNS di Pemko Padang. dok/net

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM Terobosan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) merencanakan pegawai negeri sipil (PNS) bisa bekerja dari rumah kembali mendapat respon luar biasa dari publik. Meski baru wacana, namun hal itu cukup mangagetkan. Benarkah?

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan bahwa pergeseran jenis pekerjaan mulai terlihat beberapa tahun belakangan ini. Demikian pula jenis layanan yang dilakukan Pemerintah kepada warganya.

"Kami di Biro Humas BKN sudah terbiasa mengerjakan materi berita, media sosial, siaran pers di perangkat mobile. Contohnya hari ini, saya di Medan sudah approved berita, siaran pers dan konten media sosial yang disiapkan oleh anak-anak humas di Jakarta, hasil liputan di beberapa lokasi pada seluruh Indonesia. Jadi, kebutuhan untuk bertemu di kantor secara fisik mulai berkurang," ujar dia dilansir dari okezone.com, Jumat (9/8/2019).

Namun demikian, lanjut dia ada sejumlah prasyarat sebelum konsep hal itu bisa dapat diterapkan. Di antaranya kesiapan infrastruktur virtual office, kejelasan SOP dan beban kerja, penetapan target kerja dan kinerja.

"Namun, beberapa jenis pekerjaan yang bersifat layanan dasar (misalnya kesehatan dan pendidikan) tetap membutuhkan kehadiran fisik ASN untuk melayani," kata dia.

Dia menuturkan, konsep officeless atau PNS bekerja dari rumah ini akan dibahas lebih lanjut bersama instansi terkait. Istilah lainnya adalah flexible working arrangement.

"Dan penerapan ini, masih membutuhkan pemikiran yang luar biasa," ungkap dia. (*)


 Sumber : okezone /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 07:40:54 WIB

    Wow! Seleksi Tertutup, Aktivis: KPK Bisa  Punya Pimpinan Boneka

    Wow! Seleksi Tertutup, Aktivis: KPK Bisa  Punya Pimpinan Boneka JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) dikritik oleh sejumlah aktivis pegiat anti korupsi..
  • Rabu, 23 Agustus 2017 - 10:23:35 WIB

    Wow! Randai Disahkan sebagai WBTB Indonesia

    Wow! Randai Disahkan sebagai WBTB Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Randai, karya budaya seni pertunjukan khas Minangkabau, disahkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia 2017. Penetapan itu dilakukan dalam rapat penetapan WBTB Indonesia 2017, di hote.
  • Selasa, 20 Juni 2017 - 21:18:29 WIB

    Wow! Tunjangan Anggota DPRD Naik

    Wow! Tunjangan Anggota DPRD Naik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira bagi anggota DPRD. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 18 Tahun 2017 yang di dalamnya mengatur tentang tunjungan dan fasilitas bagi anggota DPRD..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM