Tujuh Fraksi Akan Lahir di DPRD Dharmasraya


Ahad, 18 Agustus 2019 - 15:11:00 WIB
Tujuh Fraksi Akan Lahir di DPRD Dharmasraya Defrino Anwar

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak tujuh fraksi akan lahir di DPRD Kabupaten Dharmasraya periode 2019-2024 ini.

"Alhamdulillah setelah kami di sumpah dan membacakan janji, besoknya kami langsung bekerja dengan agenda pembentukan fraksi fraksi, kemudian alat kelengkapan DPRD serta tatib akan segera dituntaskan,"ucap Ketua DPRD Sementara, Defrino Anwar, kepada Haluan, Sabtu (17/08) disela sela upacara peringatan HUT RI ke 74, di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya.

Dijelaskannya, dari tujuh fraksi yang lahir tersebut, lima partai berdiri sendiri, dua fraksi lahir atas gabungan atau kualisi partai, dari lahirnya tujuh fraksi, maka akan dapat memperlancar tugas tugas anggota DPRD atau fungsi fungsi DPRD."Masalah pengambilan keputusan itu diserahkan kepada partai,"imbuhnya.

Sedangkan disinggung masalah pimpinan defenitif DPRD, hal itu menunggu surat dari partai kepada Setwan, kemudian surat tersebut dilanjutkan kepada pimpinan sementara untuk disampaikan dalam rapat internal. Untuk masalah siapa orangnya adalah keputusan partai masing masing yang mana peraih suara terbanyak atau kursi terbanyak dan tidak bisa ada intervensi dari luar partai. Dan bahkan di putuskan oleh DPP partai bersangkutan, karena partai juga punya aturan internal.

Pasalnya, sebelum ini cukup hangat menjadi pembicaraan ditengah tengah masyarakat dengan keluarnya surat sakti dari Ketua LKAAM dan ditanda tangani oleh sebahagian besar Ketua LKAAM kecamatan, yang mana surat tersebut meminta agar yang menjadi Ketua DPRD Dharmasraya adalah Sutan Alif, padahal sebagai pemenang, PDI Perjuangan mempunyai kader terpilih dan duduk sebagai pengurus inti di PDI Perjuangan.

Dari tiga unsur pimpinan berarti sudah jelas dua pimpinan sementara akan duduk sebagai pimpinan defenitif, karena yang saat ini Ketua DPRD Sementara, Defrino Anwar, adalah Sekretaris PDI Perjuangan, sesngkan Wakil Ketua Sementara, Ir.H Adi Gunawan,MM, merupakan Ketua DPD Partai Golkar, tinggal lagi Wakil Ketua DPRD dua dari PAN yang belum masuk surat keputusannya.

Dari tujuh fraksi yang akan lahir di DPRD Dharmasraya, menurut pantauan Haluan sudah mulai memberikan warna tersendiri, pasalnya, selama ini PKB tergabung dengan PDI Perjuangan, untuk periode ini PKB tergabung dengan PKS dengan nama Fraksi Kebangsaan Sejahtera."Ya untuk periode ini PKS akan bergabung dengan PKB," ucap anggota DPRD dapil 1 Irmon,S.Hut, yang juga Ketua DPC PKS Dharmasraya ini. (h/mdi)


Reporter : Maryadi /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 16:37:07 WIB

    DPRD Agam Bergerak Cepat, Tujuh Fraksi Dibentuk

    DPRD Agam Bergerak Cepat, Tujuh Fraksi Dibentuk AGAM, HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam bergerak cepat dengan menyusun Fraksi, pada lembaga wakil rakyat tersebut. Diharapkan langkah cepat dewan bisa memberikan dampak yang signifikan d.
  • Ahad, 23 Juni 2019 - 22:19:48 WIB

    Bukittinggi Peringkat Tujuh MTQ di Solok

    Bukittinggi Peringkat Tujuh MTQ di Solok BUKITTINGGI, HALUAN, HARIANHALUAN.COM - Kota Bukittinggi harus puas bertengger di peringkat tujuh pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)  Nasional ke 38, tingkat Propinsi Sumbar tahun 2019 yang berlangsung di Kota Sol.
  • Sabtu, 22 Juni 2019 - 08:40:04 WIB

    Tujuh Tahun Berdiri, PLTU Teluk Sirih Dorong Insfratruktur dan Perekonomian Masyarakat

    Tujuh Tahun Berdiri, PLTU Teluk Sirih Dorong Insfratruktur dan Perekonomian Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tujuh tahun berdiri, keberadaan PLTU Teluk Sirih memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat lingkungan..
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 15:56:42 WIB

    Agam Bentuk Tujuh Poskotis

    AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Pemkab Agam membentuk tujuh Poskotis guna mengantasipasi kemacetan arus mudik dan balik pada Idulfitri 1440 Hijriyah..
  • Rabu, 29 Agustus 2018 - 11:08:49 WIB

    Tujuh BUMD Tak Mampu Berikan Deviden, DPRD: Kaji Lagi Pemberian Modal

    PADANG, HARIANHALUAN.COM-Kalangan DPRD meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mendorong penerimaan yang bersumber dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Jika tidak mampu memberikan deviden, penambahan modal untuk BUMD y.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM