Bendera Raksasa Berkibar di Puncak Pari


Ahad, 18 Agustus 2019 - 15:19:54 WIB
Bendera Raksasa Berkibar di Puncak Pari PUNCAK PARI - Bendera merah putih berukuran 15 x 28 meter dibentangkan di Puncak Pari Sawahlunto, bersamaan dengan upacara detik detik Proklamasi Indonesia ke-74. IST

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Bendera Merah Putih besar berukuran 15 X 28 meter, terbentang di Pucak Pari Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Bensera raksasa itu dibentangkan bertepatan dengan upacara peringatan detik-detik proklamasi serta pengibaran bendera merah putih di Lapangan Ombilin Sawahlunto.

 

Sebelum dibawa ke Puncak Pari, dilaksanakan apel penyerahan bendera raksasa tersebut dari pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0310/SS kepada tim Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Sawahlunto. Kemudian, sesaat sebelum pembentangan, ditandai dengan bunyi mercon sebanyak 17 kali.

"Ini merupakan wujud penghormatan atas jasa jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdwkaan Indonesia yang tahun ini sudah memasuki usia ke 74," kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0310/SS, Letkol Inf Dwi Putranto.

 

Dandim Dwi Putranto mengatakan, bendera ini bisa disebut bendera raksasa, berukuran 15 meter x 28 meter. Ia berharap, ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme kebangsaan.

"Semoga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) jaya selamanya. NKRI harga mati," katanya saat memimpin penyerahan di Kawasan Silo, Sabtu (17/8)

 

Ia menambahkan, pembentangan ini murni upaya anak bangsa Sawahlunto. "Atas semua ini saya ucapkan terima kasih kepada FPTI Kota Sawahlunto, Vertical Rescue Indonesia dan Pemerintah Kota Sawahlunto," ujarnya.

 

Sementara itu, Panitia Pelaksana Serma Aspil mengatakan, untuk membentangkan bendera raksasa, pihaknya menurunkan sedikitnya 15 personel,.yang terdiri dari anggota Kodim 0310/SS dan anggota FPTI Kota Sawahlunto.

"Pembentangan ini sudah mulai dilaksanakan sejak 2015 lalu. Dan untuk suksesnya pembentangan kali ini, kami sudah melakukan persiapan demi persiapan jauh- jauh hari sebelumnya, agar tidak ada kendala nantinya," ujarnya. (h/rki)


Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 11:32:21 WIB
    74 TAHUN KELISTRIKAN NASIONAL

    Nagari Sudah 100% Berlistrik, Sumbar Terang Benderang

    Nagari Sudah 100% Berlistrik, Sumbar Terang Benderang Hari Listrik Nasional (HLN) tahun ini menjadi prestasi tersendiri bagi jajaran PLN UIW Sumatera Barat, karena Ranah Minang telah terang benderang. Benarkan? Berikut kutipan wawancara Reporter HaluanTV (Haluan Media Group), A.
  • Ahad, 11 Agustus 2019 - 16:53:59 WIB

    Bendera Raksasa Berkibar Gunung Kasumbo

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Menjelang peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74, sekitar 1.500 warga Sungayang dan sekitarnya memupuk nasionalisme dan membuktikan kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik .
  • Rabu, 24 April 2019 - 08:11:27 WIB

    Terbaik Pelaksanaan SMK3, PLN Sumbar Terima Penghargaan ‘Bendera Emas' dari Kemenakertrans RI

    Terbaik Pelaksanaan SMK3, PLN Sumbar Terima Penghargaan ‘Bendera Emas' dari Kemenakertrans RI PADANG, HARIANHALUAN.COM – PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Dengan poin 88,52%, UIW.
  • Selasa, 13 September 2016 - 20:18:10 WIB

    Bendera Merah Putih Dipasang Terbalik, Wabup Limapuluhkota Meradang

    Bendera Merah Putih Dipasang Terbalik, Wabup Limapuluhkota Meradang LIMAPULUHKOTA, HALUAN--Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, meradang ketika mengetahui bendera Indonesia dipasang terbalik di Kantor Sekretariat Daerahyang terletak di kawasan Bukiklimau Sarilamak, Selasa (12/9)..
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 11:40:13 WIB

    Pengibar Bendera di Mentawai Nyemplung ke Laut

    Pengibar Bendera di Mentawai Nyemplung ke Laut MENTAWAI, HALUAN-Sejumlah tim terkait di Mentawai bikin sensasi sendiri. Jika di Harau, Kabupaten Limapuluh Kota ada pengibaran bendera raksasa, maka di Mentawai ada pengibaran bendera bawah laut. Tak tanggung-tanggung. Merek.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM