16 Bangkai Kapal di Batang Arau Berhasil Dikeluarkan DKP


Senin, 19 Agustus 2019 - 17:10:56 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 dari 17 target bangkai kapal di Muaro Batang Arau berhasil dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Saat ini masih bersisa satu bangkai kapal yang ukurannya cukup besar dan terkendala perizinannya.

 
Kepala DKP Guswardi pada Haluan, Senin (19/8) menyebutkan bahwa satu bangkai kapal tersebut belum diketahui siapa pemiliknya. Akibatnya, pengerjaan pembersihan bangkai kapal terhenti.
 
"Target kami 60 hari kerja untuk mengeluarkan 17 bangkai kapal. Sementara ini 16 sudah berhasil dan sisa satu dengan waktu yang masih lama. Saat ini kami masih mendeteksi pemilik bangkai kapal tersebur supaya segera dilakukan evakuasi," terang Guswardi.
 
Ia menjelaskan, bangkai kapal yang bertahun-tahun berada di muara tersebut sudah membuat sedimen yang cukup tinggi. Selain itu, kawasan juga terlihat kumuh karena bangkai kapal yang tidak beranjak dari sungai tersebut.
 
"Memang selama ini kendalanya muara tidak ibarat lumpuh karena banyaknya bangkai kapal. Nah itu yang saat ini kami mulai keluarkan supaya bisa menciptakan Marina Padang," ujarnya.
 
Guswardi menambahkan, rencana ke depan kawasan tersebut akan menjadi multi fungsi. Selain akan dijadikan pelabuhan, juga bisa difungsikan sebagai kawasan wisata air.
 
"Banyak rencana yang telah disusun jika muara tersebut memang telah bersih. Namun, butuh proses dan kerja sama yang baik dari banyak pihak," sebut Guswardi lagi.
 
Sementara, Kepala Bidang Kebersihan DLH Deni Harzandy membenarkan bahwa di muaro Batang Arau tersebut sedimennya cukup tinggi. Hal tersebut menjadikan muara dangkal.
 
"Memang setelah ini harus digaruk karena sudah tahunan tidak bisa ditangani. Nah dengan diangkatnya bangkai kapal maka proses penggarukan bisa dilakukan. Bagaimana rencana ke depan itu akan dirapatkan kembali. Yang penting satu langkah terselesaikan bersama," ungkap Deni.
 
Deni mengimbau supaya masyarakat jangan lagi membuang sampah ke sungai. Kebiasaan tersebut harus diubah dari hulunya.
 
"Tiangnya adalah kebiasaan masyarakat kita yang suka buang sampah ke sungai. Nah saat ini mari hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Cintailah lingkungan dan biasakan hidup bersih," imbaunya. (h/win)

Reporter : Rahma Winda /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 15:52:37 WIB

    Polisi Terus Buru Pelaku Pembacokan Terhadap Remaja 16 Tahun

    Polisi Terus Buru Pelaku Pembacokan Terhadap Remaja 16 Tahun HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian Sektor (Polsek) Pauh terus memburu pelaku pembacokan terhadap Yudha Pratama (16) korban pembacokan oleh orang tak dikenal, setelah dinyatakan meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil .
  • Sabtu, 11 Januari 2020 - 17:09:52 WIB

    Hadiri HUT ke-43 SMPN 16 Padang, Mahyeldi Tak Sungkan Berbaur dengan Ratusan Siswa

    Hadiri HUT ke-43 SMPN 16 Padang, Mahyeldi Tak Sungkan Berbaur dengan Ratusan Siswa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah memantik semangat seluruh siswa dan guru beserta alumni SMP Negeri 16 Padang, Sabtu (11/01/2020). Semangat yang diberikan adalah untuk mempersiapkan generasi m.
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 18:16:11 WIB

    Padang Godok 16 Ranperda untuk Segera Di-Perdakan

    Padang Godok 16 Ranperda untuk Segera Di-Perdakan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Selama 2019, Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang telah mengusulkan 16 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk ditetapkan sebagai peraturan daera.
  • Jumat, 09 Agustus 2019 - 16:59:21 WIB

    Selama 2019, Sudah 16 Perda Diusulkan Pemko Padang

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Selama 2019, Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama Dewan Perwakilan Ralyat Daerah (DPRD) Padang telah mengusulkan 16 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah.
  • Senin, 15 Juli 2019 - 23:13:21 WIB

    Tak Kebagian Proyek, Warga Blokir Jalan Menuju SMAN 16 Padang

    Tak Kebagian Proyek, Warga Blokir Jalan Menuju SMAN 16 Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM — Warga memblokir akses menuju SMA Negeri 6 Padang yang berlokasi di Kecamatan Kuranji pada Senin (15/7) pagi, dengan cara meletakkan tumpukan kayu di tengah jalan. Aksi ini dilakukan lantaran beber.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]