Indahnya Prosesi Adat di Daerah Ini dalam Memeriahkan HUT Kemerdekaan


Selasa, 20 Agustus 2019 - 12:20:22 WIB
Indahnya Prosesi Adat di Daerah Ini dalam Memeriahkan HUT Kemerdekaan Indahnya Prosesi Adat di Daerah Ini dalam Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI

Nagari Batipuh yang berada di Kabupaten Tanah Datar, memang sudah terkenal dengan kekentalan adat istiadat Minangkabau nya. Meski kemajuan zaman dan teknologi yang sudah mulai menggerus dan memudarkan adat istiadat di beberapa daerah, namun pemuda Batipuh tepat nya di Jorong Batang Gadih, masih berupaya untuk tetap mempertahankan adat istiadat mereka.

Laporan - APIZ RAJO ALAM (Padangpanjang)

PADANG, PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Seperti kebanyakan daerah dalam menyambut perayaan Hari Kemerdekaan atau yang kerap di sebut HUT RI dengan berbagai kegiatan dan perlombaan yang bersifat hiburan. Pemuda dan masyarakat di daerah Batang Gadih ini juga menggelar hal serupa, namun bedanya dalam perayaan HUT RI kali ini. Para pemuda dan masyarakat setempat memulai berbagai kegiatan tersebut dengan prosesi kegiatan adat, untuk mempertahankan adat istiadat mereka.

Tari Pasambahan yang diiringi lantunan musik tradisional menggunakan Talempong dan Gandang khas Minangkabau dengan sangat ramah menyambut para tamu dan Ninik Mamak yang hendak memasuki lokasi acara di halaman Masjid Qura Batang Gadih.

Pemuda menggunakan baju adat tampak dengan gagah memainkan tarian minang dipadukan kesenian tradisional Randai, serta pemudi yang dibalut baju kuruang tradisional pun tak kalah cantik dalam "manitiang" (membawa-red) siriah yang akan di gatok (makan-red) oleh Ninik Mamak.

Sambah Kato dan Makan Bajamba

Setelah prosesi penyambutan Niniak Mamak dengan kesenian tradisional Randai sertaTari Galombang, para pemuda dan warga setempat juga menyiapkan sebuah ruangan di atas masjid Qura yang akan di jadikan tempat basambah kato (Pidato Adat Bersambut-red) dan makan Bajamba oleh Ninik Mamak.

Sambah kato oleh Ninik Mamak menjadi salah satu prosesi adat yang masih bertahan di daerah Batipuh, meskipun tradisi basambah kato ini sudah mulai jarang dilakukan di daerah lain.

Sahut bersahut, Ninik mamak melakukan prosesi sambah kato menjelang makan bajamba (makan bersama-red). Proses sambah kato ini berlangsung lebih kurang satu jam.

Biasanya prosesi sambah kato ini berlangsung saat prosesi adat pernikahan di Minangkabau, biasanya prosesi ini berlangsung hingga 5 sampai 7 jam.

Ketua Pemuda Jorong Batang Gadih Ade RP mengetakan, kegiatan prosesi adat yang digelar dalam rangka memperingati HUT RI ini merupakan wujud kepedulian pemuda terhadap ada istiadat dan budaya Minangkabau yang mulai memudar oleh kemajuan zaman.

"Ada istilah di Minangkabau yang berbunyi, Baradiak ka Batipuah, Barajo ka Pagaruyung, jadi dalam istilah tersebut menyatakan bahwasanya Batipuah adalah pusat pembelajaran adat di Minangkabau ini. Jadihal tersebutlah yang harus kami pertahankan sebagai generasi penerus di Batipuah," tutur Ade RP.

Dikatakan Ade, sebagai generasi penerus di Batipuah, ia bersama pemuda lainnya harus lebih giat dan rajin menuntut dan mempelajari tentang ilmu dan adat istiadat serta budaya Minangkabau kepada tokoh-tokoh tua yang ada di Batipuah, karena adat istiadat tersebut harus terus di turunkan agar tetap bertahan dari masa ke masa.

"Dengan kegiatan kami berharap pemuda di Batipuah dapat menjadikan pembelajaran tentang ada istiadat Minangkabau yang ada di daerah Batipuh," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pemudi di Jorong Batang Gadih yang akrab Riri Fiza menuturkan, selain melakukan kegiatan adat dengan tema Babaliak Banagari, pemuda setempat juga menggelar pemutaran Film tentang perjuangan, serta berbagai perlombaan dalam memeriahkan HUT RI Ke - 74 ini. (*)


Reporter : Apiz /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 08:43:49 WIB

    Indahnya Sunset di Candi Prambanan

    Indahnya Sunset di Candi Prambanan HARIANHALUAN.COM - Candi Prambanan salah satu tempat wisata yang katanya instagramable, menjadi pilihan destinasiku ketika berlibur ke Kota Istimewa Yogyakarta. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM