Miris, Tak Kunjung Diperbaiki, Begini Kondisi Jembatan Sisawah Saat Ini


Selasa, 20 Agustus 2019 - 15:53:39 WIB
Miris, Tak Kunjung Diperbaiki, Begini Kondisi Jembatan Sisawah Saat Ini RUSAK PARAH - Jembatan pengubung antar nagari yang ada di Kecamatan Sumpur Kudus yang kondisinya sudah mulai lapuk dan rapuh. Warga setempat meminta pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung agar segera memperbaikinya. OGI

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Warga Kecamatan Sumpur Kudus meminta Pemerintah daerah segera memperbaiki jembatan kayu sederhana yang sudah lapuk termakan usia di ruas jalan kabupaten atau tepatnya di Jorong Simawik, Kenagarian Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus.

 

Kondisi jembatan yang merupakan jalur transportasi andalan bagi masyarakat dua nagari yang ada di Kecamatan Sumpur Kudus yakni Nagari Sisawah dan Nagari Manganti itu kini sangat memprihatinkan.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Ujang Ongku (56) yang akrab disapa Ervenely mengatakan, jembatan kayu yang sudah lapuk di Jorong Simawik tersebut kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Karena tak ada pilihan, warga terpaksa masih digunakan masyarakat karena jembatan itu satu-satunya yang bisa dilintasi.

"Setiap hari masyarakat dari dua nagari baik dari Nagari Sisawah dan Nagari Manganti maupun sebaliknya bolak balik membawa berbagai hasil bumi dan barang kebutuhan lain melintasi jembatan kayu yang kondisinya sudah lapuk termakan usia tersebut," ujarnya kepada wartawan, Selasa (20/8).

Padahal, menurut Ujang Ongku, usulan perbaikan jembatan lapuk di Simawik tersebut sudah dirumuskan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari Sisawah, masyarakat setempat pun sudah sepakat perbaikan jembatan itu menjadi prioritas yang tidak bisa ditunda-tunda.

"Walaupun sudah berulang kali dirumuskan dan dibahas dalam Musrenbang sejak 2013 hingga 2018 yang lalu tetapi sampai sekarang masih dibiarkan lapuk tanpa perbaikan. Karena jembatan ini bagian dari ruas jalan kabupaten, maka masyarakat Sisawah khususnya warga Simawik sangat mengharapkan Pemkab Sijunjung segera turun tangan memperbaikinya dan jangan sampai menunggu jatuh korban.

“Oleh karena itu masyarakat minta jembatan ini segera dibangun permanen," kata Ujang Ongku yang juga mantan Wali Nagari Sisawah tersebut.

Pihaknya beserta warga masyarakat lainnya berharap agar pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung cepat tanggap dalam menangani masalah tersebut. Sehingga warga masyarakat yang melintasi jembatan tersebut merasa aman dan nyaman.

Dari informasi yang didapat, Jembatan kayu yang sudah lapuk tersebut berlokasi di Muaro Ampaiyan Jorong Simawik Kenagarian Sisawah Kecamatan Sumpur Kudus dengan panjang bentangan 8 meter. (h/ogi)

 

loading...
Reporter : Ogi /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]