Atasi Permasalahan Air Bersih, Pemko Solok Gandeng Jepang


Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:15:41 WIB
Atasi Permasalahan Air Bersih, Pemko Solok Gandeng Jepang WALIKOTA Toyohashi Koichi Sahara dalam kedatangannya ke Kota Solok disambut tari gelombang didampingi Walikota Solok Zul Elfian. ALFIAN

KOTA SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Pemerintah Kota Solok dan Pemerintah Kota Toyohashi Jepang melakukan kerja sama. Bentuk kerja sama ini dituangkan dalam penandatangan kesepakaan bersama Japan Internasional Coooperation Agency (JICA) dalam peningkatan persediaan pelayanan air bersih di Balaikota Solok, Selasa (20/8).

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan Walikota Solok Zul Elfian dan Walikota Toyohashi Koichi Sahara disaksikan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Solok, Forkopimda dan pimpinan pemerintahan dari Kota Toyohashi.

Walikota Solok, Zul Elfian mengatakan, kerja sama yang dilakukan antara Pemerintah Kota Solok dan Kota Toyohashi merupakan lanjutan yang sudah dilaksanakan 3 tahun lalu dalam pemurnian air bersih siap minum.

“Kota Solok sangat menyadari dimana masalah pelayanan air bersih sangat fital sekali mengingat semakin besarnya pertumbuhan pemukiman baru termasuk pembangunan perumahan oleh pengembang,” sebutnya.

Disatu sisi, keterbatasan air bersih yang menjadi salah satu sumber pelayanan bagi masyarakat masih kurang, sejak dilakukan pemurnian air sungai Batang Lembang, kini pelayanan air bersih pada masyarakat makin baik.

Air sungai Batang Lembang yang diolah di instalasi Pengolahan Air Bersih (IPA) KTK setelah dilakukan pemurnian oleh tim dari Kota Toyohashi kini sudah bisa diminum langsung seperti halnya air minum yang dikelola depot-depot air bersih. Bahkan berdasarkan penilaian, kualitas air bersih di IPA KTK sudah berstandar internasional.

Kerja sama yang dilakukan dengan pemerintahan Toyohashi sangat mengembirakan, kualitas air yang dihasilkan setelah melalui pengolahan dengan baik mampu menjawab tantangan bagi pemerintah Kota Solok dalam pelayanan air bersih pada masyarakat. Hanya saja saat ini, Pemerintah Kota Solok masih memprogramkan kelanjutan pada pelayanan-pelayanan ditempat umum seperti halnya yang dilaksanakan di Kota Toyohashi.

Nantinya ditempat-tempat umum masyarakat Kota Solok bisa menikmati air bersih siap minum melalui penempatan kran-kran umum. Jika masyarakat haus bisa langsung mengambil air tanpa membawa air mineral ditasnya ataupun membeli diwarung-warung.

Walikota Toyohashi Koichi Sahara dalam kesempatan itu menyebutkan, keberhasilan melakukan pemurnian air bersih di Kota Solok berkat kerja sama yang baik dengan stakeholder yang ada. Keberhasilan awal dilanjutkan pada tahapan berikutnya karena ketersediaan air siap minum merupakan tugas pemerintah dalam memberikan pelayanan pada warganya.

Pada lanjutan tahap ke II nantinya, Pemerintah Toyohashi siap mendrop tenaga-tenaga ahlinya sesuai bidang yang diinginkan. “Kami punya tenaga-tenaga spesialisasi sesuai kebutuhan sehingga keinginan pemerintah Kota Solok dalam peningkatan pelayanan air bersih bisa terwujud dengan baik,” papar Koichi Sahara. (h/alf)

 

 

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]