Ruko AWS di Jalan By Pass Bukittinggi Dilalap Api, Seorang Karyawan Luka Bakar


Rabu, 21 Agustus 2019 - 10:11:32 WIB
Ruko AWS di Jalan By Pass Bukittinggi Dilalap Api, Seorang Karyawan Luka Bakar Api berkobar melalap Ruko milik PT Anugrah Wahyudi Sejahtera (AWS)  di Jalan By Pass, hangus terbakar Selasa (20/8) malam, sekitar pukul 20.30 Wib. GATOTot

BUKITTINGGI,HARIAN HALUAN.COM-Satu unit ruko empat pintu milik PT Anugrah Wahyudi Sejahtera (AWS)  di Jalan By Pass, Kelurahan Pulai Anak Aia,  Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), hangus terbakar Selasa (20/8) malam, sekitar pukul 20.30 WIB. Dalam peristiwa ini seorang karyawan mengalami luk bakar.

Api berhasil dipadamkan 3 jam kemudian setelah 7 unit armada Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Solok, Tanah Datar, Padang Panjang, dan Bukittinggi datang kelokasi. Terlihat petugas Damkar harus berjibaku untuk menjinakkan amukan sijago merah yang membara tersebut, mengingat konstruksi ruko yang terbakar  dilapisi besi pelindung.

Dari Informasi yang dihimpun dilapangan, api mulai tampak dari lantai dasar Ruko AWS ini pada pukul 20.30 WIB. Satu unit ruko empat pintu ini  merupakan gudang  penyimpanan alat-alat  kelontong  produk harian (P & D),  seperti korek api, racun nyamuk, parfum, shampoo, sabun, dan produk harian lainnya.

Banyaknya barang-barang yang mudah terbakar di dalam ruko, menjadi pemicu terjadinya beberapa kali ledakan, sehingga  api dengan cepatnya  menjalar kebagian lainnya.

“Ruko tiga pintu  dengan tiga lantai ini merupakan gudang penyimpanan  bermacam-macam produk harian. Pada saat kebakaran  terdengar suara ledakan dari dalam ruko, dan kobaran api makin membesar. Dari informasi yang kita terima, awalnya api berasal dari lantai dasar ruko. Api dengan cepat menyambar hingga ke lantai dua ruko tersebut,” ujar Lurah  Pulai Anak Air Hendra Anthony Hatta.

Sementara itu Kepala Dinas Kebakaran Kota Bukittinggi melalui Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Susilo mengatakan, tujuh unit mobil Damkar  dari Dinas Kebakaran Bukittinggi dan mobil  Damkar dari daerah tetangga  diturunkan ke lokasi untuk membantu upaya pemadaman. Pihaknya juga  belum dapat memberikan keterangan lebih banyak terkait  pemilik gudang AWS dan estimasi kerugian yang dialami.

“Dari informasi  petugas gudang kepada petugas Damkar, api dipicu oleh dinamo lift pengakut barang di dalam ruko jatuh dan mengenai parfum ruangan, sehingga memicu api dan ledakan. Selain membakar bangunan, kebakaran juga menghanguskan sebagian badan truk yang ada di dalam gudang,” ujar Susilo.

Wali Kota Bukitinggi Ramlan Nurmatias yang juga turut datang kelokasi bersama sejumlah  diwaktu kejadian tersebut menyampaikan, penyebab  kebekaran akan didalami oleh Polres Bukittinggi, dan Pemko Bukittinggi  turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi. “Peristiwa kebakaran  ini menjadi pelajaran bagi kita semua, agar lebih waspada terhadap apapun yang bisa menyebabkan kebakaran,” kata Ramlan.

Kapolsek Bukittinggi AKP Chairul Amri Nasution mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian yang dialami akibat kebakaran ini. Namun demikian, diperkirakan bisa mencapai milyaran rupiah.

Akibat kebakaran ini ulasnya, salah seorang petugas gudang juga dilaporkan menderita luka bakar ringan. “Korban luka bakar ada satu orang yang merupakan karyawan PT AWS. Saat kejadian yang bersangkutan sedang lembur, dan yang bersangkutan  sudah dibawa ke RS Achmad Mochtar,” ujar Kapolsek. (h/tot).

 


Reporter : GATOT /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 September 2019 - 12:16:50 WIB

    Ruko Dibakar Perusuh di Wamena, Sejumlah Orang Tewas Terpanggang

    Ruko Dibakar Perusuh di Wamena, Sejumlah Orang Tewas Terpanggang HARIANHALUAN.COM.Jakarta-Sebagian dari  23 korban yang tewas akibat demo anarkis yang diwarnai pembakaran, merupakan korban yang meninggal akibat terkurung di Ruko yang dibakar perusuh..
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 16:09:24 WIB

    Ternyata Ini Penyebab Juru Sita PN Pariaman Eksekusi Dua Ruko

    Ternyata Ini Penyebab Juru Sita PN Pariaman Eksekusi Dua Ruko PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jurusita Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1B Pariaman melakukan eksekusi terhadap objek perkara atas permohonan eksekusi atas putusan PN Pariaman Nomor: 26/PDT.G/2007/PN.Prm yang mana telah dikuatkan .
  • Selasa, 02 Oktober 2018 - 11:23:48 WIB

    Si Jago Merah Lalap Empat Ruko di Dharmasraya

    Si Jago Merah Lalap Empat Ruko di Dharmasraya DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Sedikitnya sembilan unit Rumah dan Toko (Ruko) ludes dilalap si jago merah,di Simpang Empat Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, Senin (1/10)..
  • Jumat, 15 Desember 2017 - 14:37:05 WIB

    Si Jago Merah Mengamuk di Gunung Pangilun, Empat Ruko Terbakar

    Si Jago Merah Mengamuk di Gunung Pangilun, Empat Ruko Terbakar PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Si Jago Merah kembali mengamuk di Kota Padang, kali ini menghanguskan empat unit ruko di Jalan gajah Mada, depan simpang STKIP PGRI, Gunung Pangilun, Jumat (15/12) sekitar pukul 13.30 WIB..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM