Desa Talawi Hilir Bebas dari Asap Rokok


Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:18:47 WIB
Desa Talawi Hilir Bebas dari Asap Rokok LABEL Perda Kota Sawahlunto Nomor 3 Tahun 2007 terpampang di depan kantor Desa Talawi Hilir Kota Sawahlunto. FADIL

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kantor desa yang satu ini terbilang layak untuk dicontoh. Betapa tidak, sejak awal 2019 lalu, seluruh ruang kantor pelayanan di desa berpenduduk 4.218 jiwa itu dari bebas asap rokok.

 

Adalah Desa Talawi Hilir, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, yang mulai.menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Sawahlunto Nomor 3 tahun 2007 terkait kawasan bebas asap rokok.

 

"Alhamdulillah, kita mulai menciptakan ruang bebas asap rokok dan udara segar di kantor desa," ujar Kepala Desa Talawi Hilir, Ferdian Irwan kepada Haluan, di ruang kerjanya, Selasa (20/8).

 

Kepala desa yang masih terbilang muda itu, memang memulai penerapan Perda tersebut dari dirinya, dengan berhenti merokok. Meski awalnya terbilang susah, namun Ferdian bertekad untuk berhenti.

 

Sebab, menurutnya, aturan yang akan diterapkan harus dimulai dari aparatur sendiri, terutama dari pemegang kebijakan. Kantor desa tidak akan mungkin bebas dari asap rokok, jika aparatur desa masih merokok.

 

Dengan semangat yang dibangun bersama aparatur yang ada, Desa Talawi Hilir mulai mensosialisasikan kawasan bebas asap rokok. "Tidak mungkin kita meminta orang tidak merokok, jika kita masih merokok," tegas Ferdian.

 

Kini jangan asap rokok, asbak untuk abu rokok pun tidak ditemui di atas meja tamu. Ruang kantor Desa Talawi Hilir pun memiliki udara yang segar.

 

Bagi Ferdian, penerapkan Perda tentang kawasan bebas asap rokok, sebagai upaya untuk menghadirkan hak atas usara yang bersih bagi masyarakat secara umum.

 

Selain itu, secara tidak langsung juga diharapkan mampu mengurangi konsumsi rokok di tengah masyarakat. Jika masyarakat perokok bisa menghentikan kebiasaan itu, tentu biaya yang selama ini digunakan untuk membeli rokok, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

Rita (35) salah seorang warga Talawi Hilir mengaku sangat senang dengan penerapan Perda yang dibuat Kota Sawahlunto tahun 2007 itu. Menurut Rita, kantor desa jauh lebih nyaman tanpa asap rokok.

 

"Sangat nyaman. Sebab, kalau masih ada yang merokok, udara si kantor desa menjadi kotor. Padahal itu kan ruang umum, milik semua orang," ujar Rita. (h/dil)

loading...
Reporter : Fadil /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]