Luncurkan QRIS, Bank Indonesia Buat Terobosan Aplikasi Pembayaran dengan Ponsel


Rabu, 21 Agustus 2019 - 21:59:04 WIB
Luncurkan QRIS, Bank Indonesia Buat Terobosan Aplikasi Pembayaran dengan Ponsel Kepala Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Wahyu Purnama A tengah menerangkan penggunaan QRIS yang bisa digunakan untuk sistem pembayaran dengan satu ponsel, Rabu (21/8). WINDA

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS) pada perayaan HUT Indonesia ke-74 Sabtu (17/8) lalu. Aturan terkait implementasi QRIS tertuang dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No.21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran pada 16 Agustus 2019.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Wahyu Purnama A saat press conference, Rabu (21/8) di Gedung BI menyebutkan, QRIS akan memungkinkan satu kode QR dari toko dapat dibaca oleh semua Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Sumber dananya bisa berasal dari dompet digital, uang elektronik berbasis server, rekening perbankan, maupun kartu kredit.

"Manfaat dari sisi pengguna adalah fleksibel dalam memilih sumber dana pembayaran. Sementara dari sisi pedagang manfaatnya praktis hanya perlu satu kode QR yang bisa dibaca oleh semua," terangnya.

Wahyu menjelaskan, menurut PADG, nominal transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp2 juta per transaksi.

"QRIS ini sudah mulai diperkenalkan kepada masyarakat supaya makin ke depan sudah bisa menggunakannya sebagai sistem pembayaran. Namun, efektifnya akan dilaksanakan secara resmi pada 1 Januari 2020. Ini yang terus kami dorong," lanjut Wahyu.

Wahyu menambahkan, dengan keberadaan QRIS tersebut dapat mendorong efisiensi transaksi dan mempercepat inklusi keuangan. Tidak hanya itu, bisa juga memajukan UMKM yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Jadi dengan QRIS memudahkan masyarakat bertransaksi dengan mudah dan amam dalam satu genggaman ponsel. Keuntungan juga diperoleh dari dua pihak pembeli dan pedagang karena transaksi langsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel," papar Wahyu lagi. (*)

loading...
Reporter : Winda /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]