Dikunjungi TK Bhayangkari, Ditlantas Perkenalkan Tertib Berlalulintas Sejak Usia Dini


Kamis, 22 Agustus 2019 - 11:01:51 WIB
Dikunjungi TK Bhayangkari, Ditlantas Perkenalkan Tertib Berlalulintas Sejak Usia Dini Direktur Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Nurhandono didampingi Ketua Yayasan Bhayangkari Cabang Ditlantas, Ny. Lily Nurhandono dan para guru foto bersama murid TK Bhayangkari 03 Alai. dok/ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar memperkenalkan tertib berlalulintas sejak usia dini.  Kegiatan bertemakan ‘Polisi Sahabat Anak’ ini dilaksanakan, Rabu (21/8) yang diikuti  sekitar 100-an murid TK  Kemala Bhayangkari 03 Alai di gedung Dirlantas tersebut.


 

Dengan seragam Taruna lengkap, murid TK yang berusia 5-6 tahun tersebut antusias mengikuti kegiatan kunjungan dan pengenalan tertib berlalulintas tersebut. Mereka disambut langsung Direktur Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Nurhandono SIk dan Ketua Yayasan Bhayangkari Cabang Ditlantas Daerah Sumbar 03 Alai, Ny. Lily Nurhandono.

Rombongan murid TK Bhayangkari tersebut berangkat dari sekolah di Jalan Gajah Mada, Alai Padang menggunakan Dinas Polisi. Sepanjang jalan, anak-anak yang juga didampingi sebagian orang tua tampak riang gembira. Sampai di Gedung Ditlantas Polda Sumbar di Jalan Nipah (Samping Jembatan Siti Nurbaya) Kota Padang, dua badut Polantas juga sudah menanti rombongan murid TK tersebut.

Dipandu jajaran Ditlantas yakni polisi lalu lintas dan polisi wanita (Polwan), anak-anak diperkenalkan dengan semua tentang peraturan-peraturan lalu lintas, khususnya rambu-rambu dan peralatan keselamatan berlalulintas.

Dirlantas Polda Sumbar, AKBP Nurhandono S.Ik pada kesempatan itu mengatakan, tertib berlalu lintas itu sangat penting untuk keselamatan pengguna jalan. Baik yang mengendarai mobil, sepeda motor dan termasuk juga pejalan kaki.

“Banyak kecelakaan terjadi dan menimbulkan korban jiwa karena pengguna jalan lalai mematuhi tata tertib lalu lintas. Makanya, pengenalan tertib lalulintas sejak usia dini bisa diharapkan bisa menanamkan tertib lalu lintas hingga anak-anak dewasa,” ujar Dirlantas.

Ketua Yayasan TK Bhayangkari Cabang Ditlantas 03 Alai, Ny. Lily Nurhandono menambahkan, salah satu tujuan murid TK mengunjungi Ditlantas yaitu mengenalkan tertib berlalulintas tersebut. Apalagi, murid-murid juga pengguna jalan saat dia beraktifitas sehari-hari, seperti halnya pergi dan pulang sekolah.

“Apakah anak-anak diantar pakai mobil atau motor, bahkan jalan kaki pun penting tertib berlalu lintas untuk menjaga keselmatan diri. Di atas mobil harus tertib pakai sabuk pengaman, dengan sepeda motor juga mesti tertib pakai helm. Jalan kaki pun juga harus tertib di lokai jalan kaki dan menyeberang jalan di tempat yang benar. Inilah yang kita tanamkan kepada anak-anak sejak usia dini,” ujar Ny. Lili Nurhandono pada kesempatan itu.

Sementara itu, Kepala TK Bhayangkari 03 Alai, Lucy SPd menuturkan, kunjungan ke Ditlantas tersebut merupakkan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Setiap angkatan murid itu kita berikan pengenalan tertib berlalulintas ini. Dengan anak-anak yang masih usia emas, diharapkan tertanam tertib berlalulintas hingga mereka dewasa nanti. Di samping itu, anak-anak juga diharapkan mengingatkan orang tua atau saudaranya yang lalai mematuhi tertib lalu lintas tersebut,” harapnya.

Kegiatan Polisi Sahabat Anak tersebut berlangsung semarak. Jajaran Ditlantas yang memandu kegiatan menyuguhi anak-anak dengan pertanyaan seputar tertib berlalu lintas. Anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan hadiah menarik.

Pertanyaan yang diberikan seputar peralatan keselamatan berlalu lintas, seperti helm untuk peling kepala, fungsi sabuk pengaman dan pertanyaan lainnya. (*)


Reporter : ist /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM