Kelurahan Pasar Fokus Infrakstruktur dan UMKM


Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:19:31 WIB
Kelurahan Pasar Fokus Infrakstruktur dan UMKM INFRASTRUKTUR DAN UMKM - Pembangunan infrastruktur di Kelurahan Pasar. FADIL

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Lebih dari dua pertiga anggaran Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur. Sedangkan sisanya dialokasikan untuk sector usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dari lebih kurang Rp400 juta anggaran Kelurahan Pasar 2019, Rp264 juta, dialokasikan untuk rehab dan peningkatan jalan, masing-masing Rp121 juta untuk ruas RW 02 Kampung Teleng, dan Rp124 juta untuk ruas jalan RW 03 Pondok Kapur.

 

“Kedua ruas jalan ini direhab dan dtingkatkan kualitasnya dari lebar 1,5 meter menjadi 2,5 meter, sehingga dapat dilalui dengan leluasa kendaraan roda empat,” ungkap Lurah Pasar, Donny Ikhsan kepada Haluan, Kamis (22/8).

Kelurahan Pasar berada di pusat kota Sawahlunto, dimana hampir 80 persen warga masyarakatnya menggerakan roda perekonomian di bidang sector perdagangan dan jasa. Kawasan ini juga diharapkan tampil sebagai kawasan pusat jajanan masyarakat atau pusat kuliner.

“Infrastruktur yang kita bangun dan tingkatkan ini, ditujukan untuk meningkatkan akses masyarakat. Sehingga, setiap rumah yang nantinya diharapkan memiliki produk atau jajanan, dapat diakses kendaraan roda empat,” kata lulusan sarjaan teknik Universitas Bung Hatta tersebut.

 

Selain infrastruktur, Kelurahan Pasar juga mendorong warganya untuk mendalami keterampilan menjahit. Dalam tahun ini, dialokasikan anggaran untuk pelatihan bagi 10 warga dan 10 unit mesin jahit sebagai pendukung.

Kelurahan Pasar berdiri di atas kawasan seluas 5 kilometer persegi, yang berada tepat di pusat kota berbentuk kuali. Saat ini kelurahan itu memiliki 1.580 jiwa dari 408 kepala keluarga, yang hampir 80 persen diantaranya mengembangkan usaha yang bergerak di sektor dagang dan jasa.

Untuk tahun 2020 mendatang, menurut Bapak tiga anak kelahiran 28 April 1976 itu, pemerintah setempat merencanakan pelatihan dan pengembangan usaha kuliner. “Kelurahan sangat komit untuk menjadikan kawasan ini sebagai pusat jajanan kuliner,” ujarnya.

Hal itu tidak terlepas dari semakin meningkatnya kunjungan wisatawan local maupun mancanegara ke bekas tambang batubara itu, semenjak lebel Warisan Dunia disematkan UNESCO, pada Juli 2019 lalu. (h/dil)

 

loading...
Reporter : Fadil /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 20:47:28 WIB

    Hebat..! Ini Dia Kelurahan Terbersih di Sumatera Barat

    Hebat..! Ini Dia Kelurahan Terbersih di Sumatera Barat PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM – Perjuangan warga yang tak pernah henti mengantarkan Kelurahan Koto Tuo Limo Kampung (KTLK), Kecamatan Payakumbuh Selatan juara di tingkat provinsi. Sebuah becak motor diboyong Lurah KTLK Danil.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]