Sawahlunto Bakal Jadi Tuan Rumah Konfrensi ANIH


Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:21:41 WIB
Sawahlunto Bakal Jadi Tuan Rumah Konfrensi ANIH Audiensi Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti dengan tim peninjau konfrensi ANIH, Rabu (21/8). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kota Sawahlunto bakal jadi tuan rumah Konferensi ASIAN Network of Industrial Heritage (ANIH) yang dijadwalkan pada Juni 2020. Mempersiapkan itu, tim terkait melakukan peninjauan langsung dan diterima beraudiensi dengan Wakil Walikota Zohirin Sayuti, Rabu 21 Agustus 2019 di Balaikota.

"Kunjungan ini meninjau langsung situasi dan kondisi di Sawahlunto, menyesuaikan semua hal sehingga konferensi Internasional ini sukses dihelat," kata Koordinator tim dosen Universitas Pembangunan Panca Budi Medan yang juga anggota Badan Warisan Sumatera, Sri Shindi Indira, ST, M.Sc.

Dia mengatakan, tema pembahasan ANIH 2020 nanti, yaitu water and heritage, sangat sinkron sekali untuk diselenggarakan di Kota Sawahlunto yang merupakan kota heritage. Akan hadir lanjutnya, perwakilan pemerintah, universitas, komunitas, media dan pemerhati atau prakrisi heritage dari berbagai negara seperti, Thailand, Inggris, New Zeland, Korea, Jepang dan negara lainnya.

Shindi menambahkan, penyelenggaraan acara dijadwalkan selama 5 hari. Hari pertama dan kedua acara ini bertempat di Kota Padang, sedangkan Kota Sawahlunto baru akan menjadi tuan rumah acara pada hari ketiga hingga hari kelima.

Menyambut hangat tim tersebut, Waki Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti sangat bangga dipercayanya Sawahlunto sebagai tuan rumah. Zohirin pun menyatakan siap mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut.

"Kami sangat bangga dengan kepercayaan ini. Banyak manfaat yang akan diambil dari iven Internasional ini. Kami siap mensukseskannya," ujar Zohirin.

Zohirin juga menambahkan, selain untuk membantu pada pelaksanaan iven, kepada jajaran OPD terlibat diminta untuk bisa menangkap peluang pada iven tersebut yang bisa berdampak langsung pada perekonomian masyarakat setempat.

"Banyak potensi ekonomi dari masyarakat yang bisa memanfaatkan iven ini nantinya. Sektor wisata, kuliner, transportasi, akomodasi seperti homestay dan lainnya," katanya. (h/rki)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]