Tekan Kasus DBD dengan Aksi Bersih Lingkungan


Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:25:19 WIB

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Pariaman, Genius Umar minta Dinkes, Kades di Kota Pariaman terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga kasus DBD tidak menjadi langganan tiap bulannya.

Dari total kasus yang ada, 53 Kasus DBD terjadi di kota ini sampai Rabu (22/8), berarti tiap bulan ada dan itu harus ditanggulangi secara bersama agar tidak terjadi.

Penyakit yang diakibatkan nyamuk DBD itu, dapat ditekan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Progran tersebut sudah ada, tinggal memaksimalkan realisasinya, dan kasus DBD bisa diatasi lebih awal secara bersama-sama.

Gencar betul Dinas Kesehatan dan desa melakukan sosialisasi tentang antisipasi DBD dan kegiatan bersih-bersih tanpa disokong warga, akhirnya tidak maksimal juga. Oleh sebab itu, bersihkan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk seperti kaleng kosong, plastik yang dapat menjadi tempat bersarang nyamuk DBD, terutana di rumah-rumah penduduk secara rutin.

Sementata itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul, kasus dbd yang bisa dikatakan melonjak itu, memang saat ini masuk dalam siklus lima tahunan. Kota Pariaman tahun lalu, terhadap kasus DBD berada diatas angka 80 kasus, tapi sekarang, dari Januari sampai Rabu (22/8) sudah tercatat 53 kasus yang berarti tiap bulan ada kasus dbd di kota ini.

Pihaknya akan lebih intensif untuk sosialisasi kemasyarakat dalam hal pencegahan dbd melalui perangkat dinasnya. Saling dukung dinas dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan secara maksimal, diyakini bisa menekan laju kasus DBD tersebut. (h/tri)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]