Kota Solok Butuh Pemimpin Berjiwa Bisnis


Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:30:13 WIB

SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Kota Solok sebaiknya dipimpin oleh orang-orang yang berkarakter bisnis namun juga punya kemampuan politik karena dilihat dari potensi Kota Solok sendiri yang berada di persimpangan jalan. Kota Solok bisa berkembang lebih maju asalkan dikemas dengan baik melalui tangan-tangan berwatak swasta.

“Tanpa meremehkan dari kalangan birokrat, namun jika birokrat masuk dalam kancah pertarungan seyogyanya berada pada posisi Wakil Walikota Solok,” ujar Erman Jamal di Kota Solok Kamis (22/8), menanggapi tentang kandidat Walikota Solok 2020-2025.

Menurut mantan anggota DPRD Kota Solok itu, perlunya berwatak bisnis memimpin Kota Solok karena didasari letak geografis tadi.

Kemudian arah pembangunan Kota Solok juga menitikberatkan pada perdagangan dan jasa. Sektor pertanian memang ada di Kota Solok namun luas areal sangat terbatas apalagi sudah banyak areal sawah yang beralih fungsi.

Berkaca pada kota-kota lainnya di republik ini, Kota Solok sebenarnya tidak jauh tertinggal, potensi geografis dan dukungan masyarakatnya cukup kuat menjadikan Kota Solok sebagai kota perdagangan, jasa dan pendidikan.

Untuk memajukan kota persimpangan itu dibutuhkan orang-orang yang punya nyali bisnis yang bisa melobi pengusaha-pengusaha besar menanamkan investasinya di Kota Solok.

Banyaknya investasi yang ditanam di kota beras itu juga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, terbukanya lapangan kerja dan pendapatan perkapita masyarakat juga naik.

Banyak pihak yang menjadi ketergantungan jika perusahaan-perusahaan berdiri di Kota Solok.

“Untuk menemukan siapa orangnya tentu masyarakatlah yang akan menfilter nantinya,” papar politikus Partai Amanat Nasional ini.

“Kita bisa tengok Singapura, dulu orang tidak percaya akan negara itu sebagai kota wisata dan kota belanja. Namun setelah ditangani dengan baik dan dilakukan kajian analisis ternyata dunia mengakui akan kemajuan yang dicapai,” tambah dai itu.

Tapi tidak perlu pula menghayal seperti Singapura namun setidaknya bisa mengiri secara perlahan-lahan.

Jika semua kebutuhan masyarakat sudah hadir di Kota Solok, sudah jelas orang akan datang berbelanja, mencari pekerjaan. Menjamurnya sektor jasa dan perdagangan merupakan hasrat yang sudah lama dirindukan masyarakat.

Selain itu, di Kota Solok juga didukung dengan potensi-potensi wisata yang menarik. Orang datang ke Kota Solok tidak hanya sekedar berbelanja namun juga menenangkan pikiran karena wisata agro yang sudah dirintis dan dikemas menjadi pilihan bagi tamu yang datang. (h/alf)

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]