Pekerjaan Embung Lurah Rawang Rampung 40 Persen


Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:34:18 WIB
Pekerjaan Embung Lurah Rawang Rampung 40 Persen PENGERJAAN EMBUNG -- Bobot pekerjaan Embung Lurah Rawang, Ampangan, Payakumbuh Selatan yang dibangun memanfaatkan dana DAK Rp5,1 miliar rampung 40 persen. ZULKIFLI

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Proyek pembangunan embung Lurah Rawang di Kapalo Koto, Payakumbuh Selatan, yang dikerjakan CV.Gunung Jantan, sejauh ini ini berjalan lancar, karena didukung cuaca yang baik. Sampai saat ini pekerjaan embung yang dibiayai dengan DAK tahun 2019 Rp5,1 miliar itu, pekerjaannya sudah rampung sekitar 40 persen.

“Bobot pekerjaan embung tahap II tersebut, mencapai sekitar 40 persen, kita berharap kondisi cuaca tetap mendukung. Sehingga pekerjaan yang direncanakan selesai sampai akhir Desember 2019 mendatang, diharapkan rampung sepenuhnya,” ungkap pelaksana proyek pembangunan embung Lurah Rawang, Zelmi Ton kepada wartawan yang berkunjung ke lokasi kemarin.

Dikatakan, pekerjaan embung tersebut, lanjutan tahap I yang sudah dikerjakan sebelumnya atau tahun 2018 lalu. Pekerjaan merupakan pemasangan batu di sisi kiri dan kanan embung, pencoran dasar embung dan pekerjaan lainnya di seputar embung. Selanjutnya akan dilakukan ujicoba. “Kita optimis pekerjaannya rampung sampai akhir Desember mendatang,“ ujar Zelmi Ton menambahkan.

Kepala Dinas PU/PR Kota Payakumbuh, Muslim ST,MSi ketika dihubungi di kantornya beberapa hari yang lalu menyebut, dengan rampungnya pembangunan embung tersebut, otomatis Payakumbuh, akan memiliki tiga sumber air bersih untuk kebutuhan masyarakat yang selama ini belum terlayani sepenuhnya. Melalui tiga sumber air yang ada, maka Payakumbuh diperkirakan kelebihan pasokan air minum.

Pertama sumber air dari proyek pembangunan SPAM Batang Agam di Tanjung Pauh, Payakumbuh Barat yang kini dalam proses uji coba. Kedua Peroyek pembangunan embung Bulakan di Limbukan, dalam proses penyelesaian. Ketiga pembangunan embung Lurah rawang di Kapalo Koto, Ampangan, kedua embung tersebut, berada di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Khusus untuk embung Lurah Rawang Kapalo Koto, Ampangan yang dibiayai dengan APBN 2019 (DAK) dengan tender akan menghabiskan dana sekitar Rp5,1 miliar lebih. Proyek pembangunan embung itu, kini tengah gencar dikerjakan kontraktor CV Gunung Jantan. merupakan lanjutan pekerjaan tahun lalu. Hingga kini bobot pekerjaan sekitar 40 persen, jelas Muslim.

“Kita mengharapkan pekerjaan embung Lurah Rawang Kapalo Koto, bakal rampung pada akhir Desember mendatang, sehingga mampu memenuhi kebutuhan air minum masyarakat kota ini,Sebut Muslim.

Menurut dia, manfaat kefdua embung selain untuk pengairan sawah, juga sebagai persediaan air baku, objek wisata baru. Sehingga sumber air bersih Payakumbuh, semakin bertambah akan berada pada lima lokasi, termasuk sumber air lama yakni, Batang Tabik Kecamatan Luak dan Sungai Dareh, Kecamatan Situjuh Limo Nagari di Limapuluh Kota.

“Semakin banyaknya sumber air yang semuanya bakal dikelola PDAM, sehingga kapasitas penyediaan air minum bakal mampu mengantisipasi lonjakan pelanggan air minum yang ada di Kota Payakumbuh. Untuk kedepan Payakumbuh, diharapkan mampu berdiri sendiri tidak hanya mengandalkan sumber air dari Kabupaten 50 Kota,” tutur Muslim.

Sementara sumber air dari Batang Agam, menurut Wako Riza Palefi, akan difilter secara teknologi sehingga menjadi air layak minum. Saat ini sudah dalam tahap ujicoba dan menambah pipa instalasi ke berbagai kelurahan. pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum)itu, yang berasal dari Sungai Batang Agam, bakal disusul dari sumber embung Bulakan dan embung Lurah Rawang, Kapalo Koto, Ampangan. (h/zkf)


Reporter : Zulkifli /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM