Jorong Mangunai Kini Sudah Punya Poskesri


Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:35:06 WIB

AMPALU, HARIANHALUAN.COM — Jorong Mangunai, di Nagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, bakal memiliki satu unit Pos Kesehatan Nagari (Poskesri) yang kini tengah gencar dikerjakan pembangunannya. Gedung Pos Kesehatan Nagari tersebut, dibangun permanen yang dibiayai dengan dana desa/nagari tahun 2019 sebesar Rp278,5 juta lebih.

Wali Nagari Ampalu Asrizal didampingi Kasi Pemerintahan, Fitra Yengki dalam percakapan dengan Haluan, baru baru ini di kantor wali nagari setempat menuturkan, tahapan pekerjaan Poskesri ini sampai kemarin sudah mencapai bobot sekitar 39 persen. “Mudah mudahan pekerjaannya rampung dalam waktu dekat ini,” katanya.

Seperti diketahui, Pos Kesehatan Nagari (Poskesri) yang diterapkan pemerintah adalah dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang bersumber daya dari aasyarakat. Selain itu, juga dalam upaya menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi warga setempat. ”Kita mengharapkan dalam waktu tiga bulan kedepan pekerjaan bangunan Poskesri bakal rampung dan bias dimanfaatkan bersamaan dengan berbagai proyek pembangunan fisik lainnya,”ujarnya.

Dikatakan, untuk pekerjaan proyek fisik lainnya adalah, memasang dam kiri dan kanan saluran irigasi Boyan yang menelan dana Rp44,2 juta lebih. Melakukan cor beton jalan Siabu di Jorong Padang Mangunai, sebesar Rp147.935.000. jalan tersebut kini mampu dilewati sepeda motor dan becak barang untuk mengangkut hasil bumi setempat, yang selama ini memakai angkutan gerobak dorong.

“Selain itu, kita juga melakukan pencoran jalan di Jorong Guguak dengan biaya sebesar Rp203,2 juta lebih. Warga jorong Guguak mayoritas berusaha di sektor pertanian tanaman pangan dan perkebunan. Sehingga bermanfaat ganda bagi masyarakat setempat. Karena jalan tersebut, mampu dilewati sepeda motor dan kendaraan bermotor roda empat, “sebut Fitra Yengki.

Kemudian pembangunan atau meningkatkan kelas jalan si Aua dari jalan tanah menjadi jalan rabat beton dengan biaya yang akan terserap mencapai ratusan juta rupiah. Begitu juga dengan jalan di Jorong Guguak nan Panjang, pada daerah tenun songket ini juga ditingkatkan tahun ini melalui perbaikan jalan yang dibiayai dana desa/nagari mencapai Rp147,2 juta lebih, tuturnya.

Informasi yang diperoleh, pada masa lalu Nagari Ampalu merupakan salah satu daerah tertinggal di Kabupaten Limapuluh Kota, namun berkat kesungguhan pemerintahan nagari bersama warganya yang didukung penuh pemkab Limapuluh Kota, maka secara bertahap nagari tersebut bangkit sejajar dengan nagari tetangga. Ekonomi warga didukung dengan usaha kerajinan songket, perikanan, peternakan dan perkebunan. (h/zkf)

 

loading...
Reporter : Zulkifli /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 September 2019 - 16:48:39 WIB

    Tingkatkan Pelayanan di Nagari, Bupati Sutan Riska Bekali Bidan dan Kepala Jorong dengan Sepeda Motor

    Tingkatkan Pelayanan di Nagari, Bupati Sutan Riska Bekali Bidan dan Kepala Jorong dengan Sepeda Motor DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Pelayanan masyarakat terdepan menjadi prioritas untuk diberdayakan di Kabupaten Dharmasraya. Seperti Bidan yang bertugas di nagari yang menjadi ujung tombak dalam pelayanan kesehatan masyarakat.
  • Ahad, 18 Agustus 2019 - 15:14:50 WIB

    Peringatan HUT RI Jorong Seberang Mimpi Meriah

    Peringatan HUT RI Jorong Seberang Mimpi Meriah DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Peringatan HUT RI ke-74 sangat dirasakan warga Jorong Seberang Mimpi, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung. Pasalnya, sejak acara dibuka secara resmi oleh Wali Nagari Gunung Medan, Yakub, ya.
  • Kamis, 15 Agustus 2019 - 16:17:51 WIB

    Lama Diharapkan, Kini Jorong Mangunai Miliki Poskesri

    AMPALU, HARIANHALUAN.COM — Jorong Mangunai, Nagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, sudah memiliki satu unit Pos Kesehatan Nagari (Poskesri) yang kini tengah gencar dikerjakan pembangunannya. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]