Pabrik Gula Semut Talaweh Belum Juga Berproduksi


Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:37:20 WIB
Pabrik Gula Semut Talaweh Belum Juga Berproduksi PABRIK GULA SEMUT -- Gedung pabrik gula semut di Jorong Talaweh,Nagari Labuh Gunung, yang dibangun 2018 lalu, belum berproduksi. ZULKIFLI

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Gedung pabrik gula semut Talaweh Nagari Labuah Gunung, Kecamatan Lareh Sago Halaban, sampai saat ini belum juga berproduksi. Pasalnya, pada gedung tersebut belum dilengkapi dengan peralatan yang memudahkan produksi gula semut seperti, tangker pengendapan air nira, mesin penguapan air nira serta packing dan lain. Semua peralatan pendukung tersebut senilai Rp1,3 miliar.

 

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Industri setempat, tengah berupaya untuk memenuhi kebutuhan tambahan peralatan pabrik gula semut berbahan baku air niro di Jorong Talaweh Nagari Labuah Gunuang, yang akan dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi petani pemilik enau di daerah tersebut, khususnya petani Aren yang sudah bergfabung dalam kelompok Mutiara.

 

Dalam melengkapi fasilitas pabrik gula aren tersebut, akan melengkapi fasilitas peralatan yang tak kalah canggihnya seperti peralatan pembuat rendang untuk mendukung pengembangan usaha masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Mutiara. Saat ini sejumlah tungku siap pakai sudah tersedia di pabrik berkapasitas 500 liter air niro satu tungku

Wali Nagari Labuah Gunuang, KH.Dt. Paduko Rajo, Rabu (21/8) bersama wartawan ketika berkunjung ke pabrik gula semut Talaweh, menyebut, proses pembuatan gula semut di pabrik pengolahan gula semut di nagari itu, maka Pemkab bersama Pemerintahan Nagari Labuah Gunung, Bamus dan unsur pemuka masyarakat lainnya serius ingin merobah Image “Nagari Tuak” yang selama ini terbangun menjadi nagari penghasil gula aren, gula cair, gula semut, niro pres, serta berbagai jenis minuman yang berbahan dasar air niro.

Dikatakan semula, kata Dt. Paduko Rajo, Kelompok Tani yang berjumlah puluhan orang itu hanya fokus untuk melakukan perobahan image masyarakat yang selama ini menjual air nira untuk dijadikan minuman keras (Miras) sejenis tuak, di samping untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat petani Aren di Labuah Gunung, muncul gagasan untuk mengolah air niro menjadi gula Semut dan berbagai minuman lainnya.

“Mudah mudahan bangunan pabrik yang sudah direncanakan dengan matang untuk produksi gula semut dan berbagai olahan dari bahan dasar air niro telah kita manfaatkan sejak awal Januari lalu. Meski belum banyak, namun 25 persen dari air niro yang dihasilkan dari daerah ini telah kita buat untuk gula semut. Utuk membuat gula semut kualitas air niro atau PH yang ada.” Sebutnya.

Ia juga menambahkan, saat ini gula semut yang dihasilkan Kelompok Tani Mutiara telah menghasilkan 10 Kg gula semut per hari nya. Selain itu juga memproduksi gula aren padat serta gula cair jika ada pesanan. Saat ini di Nagari yang ia pimpin terdapat ribuan pohon aren yang tersebar di berbagai tempat, bahkan boleh dikatakan sebagai penghasil air niro terbesar di Limapuluh Kota.

Dikatakan, keberadaan air niro adalah merupakan bahan utama untuk memproduksi gula semut dan saka niro. Kegiatan mengolah air niro menjadi saka niro dan gula semut itu, sudah lama menjadi mata pencarian warga setempat. Di samping usaha pengolahan air niro menjadi gula semut atau saka niro, ada yang dikelola secara pribadi untuk dijadikan bahan baku minunan tuak.

Diakui Wali Nagari Labuah Gunung KH.Dt.Paduko Rajo, besarnya potensi pengolahan air niro di nagari nya ini, utamanya di Jorong Talaweh, atas dukungan Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Perdagangan dan Industri telah dibangun pabrik pengolahan Gula Semut yang dikelola oleh Kelompok Tani Mutiara.

Sementara itu Kasi Non Agro Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Limapuluh Kota, Ambrinaldi, sebelumnya mengakui peralatan tambahan untuk pabrik gula semut yang berukuran 14x20 itu, belum datang. Kini tengah proses perakitan di suatu tempat, mudah mudahan tahun ini juga bakal rampung pengerjaan peralatan tersebut,ujarnya. (h/zkf)

 


Reporter : Zulkifli /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM