Wah Hebat, Diskan Tanah Datar Kini Punya Pekan Segara


Kamis, 22 Agustus 2019 - 17:33:12 WIB
Wah Hebat, Diskan Tanah Datar Kini Punya Pekan Segara KADIS Pakan Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro didampingi staf ahli bupati dan Forkopimda, menyerahkan benih ikan pada kelompok tani. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Ikan merupakan sumber makanan yang kaya gizi, mengandung omega tiga yang bermanfaat untuk kecerdasan manusia terutama anak dalam masa pertumbuhan, ibu hamil dan balita.

Dalam memasyarakatkan pentingnya pangan ikan tersebut, Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar melounching outlet Pekan Segara (Pemasaran Ikan Segar dan Aman) di Balai Benih Ikan (BBI) Sijangek, Sungai Tarab, Kamis (22/8), di sana digelar pemasaran ikan segar dengan harga terjangkau.

"Kita harapkan harga ikan di pasaran bisa turun melalui operasi pasar yang kita lakukan ini. Di sini tersedia ikan segar tiap Kamis dengan harga Rp18 ribu perkilogram, namun tiap orang hanya boleh membeli dua kilogram saja, ini kita peruntukan hanya untuk konsumsi dan ketersediaan kita juga terbatas, saat ini hanya 250 kilogram tiap Kamis itu," ujar Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar menjelang menggunting pita tanda diresmikannya tempat memasarkan ikan Pemda itu.

Dikatakan, harga ikan saat ini terjadi fluktuasi harga di pasar hingga mencapai Rp35 ribu perkilogram dan harga tersebut diatas harga standar yang ditetapkan pemerintah. "Dengan agenda ini kita harap dapat membantu masyarakat lebih banyak membeli dan mengkonsumsi ikan demi kebaikan kesehatan dan kecerdasan," katanya.

Staf Ahli Bupati Bidang Kesra, Ermon Revlin yang membuka agenda itu mewakili bupati, menyebutkan bahwa pentingnya agenda Pekan Segara untuk kebaikan masyarakat.

"Baru kali ini kita memikirkan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan yang aman dan terjangkau, banyak terjadi kasus-kasus keracunan makanan, ke depan Dispakan mungkin bisa mengembangkan produksi-produksi makanan lain, seperti daging, ayam dan lainnya dengan harga rendah seperti ini, banyak kegiatan inovasi yang dicetuskan pak datuak ini di Sispakan yang membantu banyak masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah," kata Ermon. (h/fma)
 

 

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2020 - 17:43:04 WIB

    80 Hektare Sawah di Kota Pariaman Diserang Hama

    80 Hektare Sawah di Kota Pariaman Diserang Hama HARIANHALUAN.COM - Hampir 80 hektare tanaman padi petani di Kota Pariaman saat ini terserang hama wereng. Tanaman padi petani yang kena hama wereng itu diantaranya ada di Marunggi dan Sungai Pasak..
  • Senin, 21 September 2020 - 16:26:28 WIB

    Pemuda Dewan Da'wah Sumbar Resmi Dilantik

    Pemuda Dewan Da'wah Sumbar Resmi Dilantik HARIANHALUAN.COM-Pengurus Pemuda Dewan Da’wah Sumbar diketuai Jimmi Syah Putra Gintin, resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Pusat Pemuda Dewan Da’wah Dede Rubai Misbahul Alam..
  • Sabtu, 12 September 2020 - 17:15:57 WIB

    Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, 27 Kades Sawahlunto Ikuti Sosialisasi Digitalisasi dan Public Relation

    Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, 27 Kades Sawahlunto Ikuti Sosialisasi Digitalisasi dan Public Relation HARIANHALUAN.COM - Provinsi Sumatra Barat menjadi salah satu daerah yang memiliki berbagai keindahan alam yang masih terjaga. Selain tempat-tempat bersejarah, Sumbar juga memiliki berbagai destinasi wisata alam ataupun bahari.
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 17:24:49 WIB

    Unik, Upacara HUT RI ke-75 di Pasbar Ini Digelar di Tengah Sawah

    Unik, Upacara HUT RI ke-75 di Pasbar Ini Digelar di Tengah Sawah HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid 19 tak menyurutkan semangat para pemuda dan masyarakat Dusun Sidodadi RT 03 Pujarahayu, Nagari Persiapan Pujarahayu, Kabupaten Pasaman Barat untuk melakukan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan.
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 16:45:51 WIB

    KUA PPAS 2021 Kota Sawahlunto Diteken, Estimasi PAD Rp58,87 M

    KUA PPAS 2021 Kota Sawahlunto Diteken, Estimasi PAD Rp58,87 M HARIANHALUAN.COM - Estimasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Sawahlunto tahun 2021 di kisaran Rp58,87 miliar. Hal itu tertuang dalam nota Kebijakan Umum Anggaran - Prioritas Plafon Anggaran Sementara  (KUA-PPAS) Kota Sawahl.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]