September Ini, Karamba di Danau Maninjau Dibersihkan


Jumat, 23 Agustus 2019 - 06:32:53 WIB
September Ini, Karamba di Danau Maninjau Dibersihkan Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria bersawa Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat pembahasan rencana pembersihan Danau Maninjau dari keramba. DANI

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam akan segera menertibkan seluruh karamba jaring apung yang masih ada di Danau Maninjau. Pengangkatan direncanakan bakal pada September depan dan diperkirakan selesai pada 2020.

"Akan kami tertibkan seluruh karamba jaring apung yang masih ada itu tanpa tersisa satupun," ujarnya usai menghadiri rapat Pemprov Sumbar, Pemkab Agam, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di ruang rapat Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (22/8).

Kendati demikian, ia menyebut, jumlah karamba yang diangkat akan menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran, di mana dalam hal ini Pemkab Agam telah menyediakan anggaran sebesar Rp 500 juta.

Dengan anggaran yang tersedia tersebut, Nasrul mengungkapkan bahwa keramba milik pengusaha besar akan menjadi prioritas utama untuk diangkat terlebih dahulu. Sedangkan keramba milik perorangan akan ditertibkan belakangan.

"Saat ini Pemprov Sumbar dan Pemkab Agam sedang mencarikan mata pencaharian alternatif bagi pemilik keramba perorangan yang akan ditertibkan itu. Hal ini akan segera kami sampaikan ke pemerintah pusat. Selain itu, LIPI juga menyatakan siap membantu dengan melakukan pelatihan-pelatihan untuk sektor ekonomi lain yang bisa dijadikan sebagai mata pencaharian baru bagi para nelayan Danau Maninjau," tutur mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan menyebut, saat ini jumlah keramba yang ada di Danau Maninjau diperkirakan mencapai 22.000 keramba. Sementara daya tampung Danau Maninjau hanya mencapai 6.000 keramba.

"Satu hal yang pasti dan tidak dapat ditawar-tawar, yakni jumlah karamba di Danau Maninjau harus dikurangi," tuturnya. (*)

loading...
Reporter : Dani /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]