Bahagianya Para Mustahik Ini Usai Menerima Bantuan dari Dana Zakat Baznas Pasaman


Jumat, 23 Agustus 2019 - 21:21:53 WIB
Bahagianya Para Mustahik Ini Usai Menerima Bantuan dari Dana Zakat Baznas Pasaman Para mustahik (penerima zakat) saat acara penyerahan zakat Baznas Pasaman, Jumat (23/8)

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, salurkan dana bantuan sebesar Rp72,2 juta untuk fakir miskin, tua jompo, pelaku UKM, beasiswa dan bantuan berobat.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Pasaman, Ustadz Syafrizal kepada warga penerima manfaat di Masjid Fathun Nur, Petok, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Jumat (23/8).

Syafrizal mengatakan, bahwa bantuan dari dana zakat itu didistribusikan kepada 174 orang mustahik (penerima) yang berhak menerima di kanagarian Panti Selatan. 

"Bantuan itu terdiri atas, biaya hidup 23 orang, tua jompo 29 orang, bantuan modal usaha 48 orang, beasiswa 64 orang dan bantuan berobat 10 orang," ujar Syafrizal. 

Penyaluran bantuan merupakan hasil pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah oleh Baznas setempat. Zakat terbesar masih berasal dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS)  di lingkungan Pemkab Pasaman. 

"Semakin banyak yang bisa disalurkan maka semoga semakin besar manfaatnya bagi umat," ungkap Syafrizal yang tidak lama lagi akan menyandang gelar Doktoral dari UIN Imam Bonjol Padang. 

Penyerahan bantuan ini merupakan program rutin Baznas Pasaman untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Serta untuk membantu siswa sekolah dari keluarga kurang mampu agar meningkatkan semangat belajar demi meraih cita-citanya. 

"Ini program rutin Baznas. Sebelumnya Baznas juga telah memberikan beasiswa kepada 20 orang siswa di SMPN 1 Panti dan kepada warga kurang mampu di dua nagari, yakni Panti dan Panti Timur," ujar Buya, sapaan akrabnya. 

Walinagari Panti Selatan, Azwir Karim menyambut baik penyaluran bantuan oleh Baznas tersebut. Menurutnya penyaluran bantuan itu akan bermanfaat dan dapat membantu ekonomi warganya. 

"Bantuan berdasarkan pengajuan dari masing-masing masyarakat. Permohonan mereka terlebih dulu disurvey oleh tim Baznas, layak atau tidaknya," ujar Azwir.

Ia pun menyambut baik rencana Baznas Pasaman mendirikan Pondok Pesantren Tahfiz Quran di nagari tersebut, dalam waktu dekat. 

"Tadi, dalam sambutan Ketua Baznas,  Syafrizal menyebutkan Baznas berencana mendirikan Ponpes Tahfiz Quran disetiap nagari, termasuk di Panti Selatan. Rencana mulia itu, akan kami dukung," pungkasnya. (*)


Reporter : Yudi /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM