Moeldoko: Pemindahan Ibukota Tak Perlu Lakukan Referendum


Sabtu, 24 Agustus 2019 - 11:40:31 WIB
Moeldoko: Pemindahan Ibukota Tak Perlu Lakukan Referendum

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Keputusan pemindahan ibu kota ke Pulau Kalimantan tak perlu sampai melakukan referendum alias pemungutan suara masyarakat luas. Menurut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, keputusan pemindahan ibu kota cukup dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) saja.

Dia mengungkapkan, Presiden Joko Widodo juga sudah meminta izin untuk memindahkan ibu kota kepada wakil rakyat dan perwakilan daerah dalam sidang bersama DPR dan DPD, pada pekan lalu.

"Kemarin Presiden minta izin kepada anggota dewan untuk nantinya bisa merestui karena nanti akan dilarikan ke Undang-undang. Jadi tidak sejauh itulah (referendum)," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/8).

Moeldoko meminta kepada pihak yang masih menolak pemindahan ibu kota ini untuk berpikir panjang. Mantan Panglima TNI itu menyatakan pemerintah memikirkan untuk 100 tahun ke depan, bukan buat 5 sampai 10 tahun semata.

"Kalau tidak dimulai, kapan lagi? Karena inisiasi mengembangkan ibu kota kan sudah lama. Kalau dipikirkan terus kan tidak terealisasi. Terus kapan mau move on-nya? Ini mau di-move on-kan," ujarnya.

Moeldoko memastikan bahwa pemilihan ibu kota negara baru di Pulau Kalimantan sudah dipertimbangkan dengan matang. Masalah lingkungan pun sudah dikaji oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Sudah dihitung sisi ekologinya. Kan ada pertimbangan lingkungannya seperti apa. Menteri Lingkungan sudah membuat kajian-kajian, pasti sudah dipikirkan," tuturnya.

Sebelumnya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengusulkan referendum terkait rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Menurutnya, masyarakat harus dilibatkan karena banyak pertimbangan yang harus dikaji sebelum memindahkan ibu kota.

"Karena ini sangat strategis, buat referendum. Sampaikan ke seluruh warga Indonesia, setuju enggak pindahkan ibu kota? Sehingga kita jadi bagian pengambilan keputusan tersebut," ujar Sandi dalam diskusi grup Instruktur Nasional PAN di Gedung Joang '45, Jakarta, Kamis (22/8).

Sandi juga menilai rencana pemindahan ibu kota saat ini bukan prioritas bagi pemerintah. Ia mengatakan banyak hal lain yang harus diperhatikan seperti persoalan ekonomi dan kesejahteraan. (*)

 Sumber : cnn /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Februari 2020 - 21:55:03 WIB

    Dosen Unnes Diskors karena 'Hina Jokowi', Moeldoko: Otoritas Kampus

    Dosen Unnes Diskors karena 'Hina Jokowi', Moeldoko: Otoritas Kampus JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko enggan berbicara banyak soal skorsing yang dijatuhkan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, terhadap dosen Sucipto Hadi Purnomo. Moeldoko menyatakan .
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 20:57:50 WIB

    Moeldoko: Indonesia Sudah Punya Alat untuk Deteksi Virus Corona

    Moeldoko: Indonesia Sudah Punya Alat untuk Deteksi Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Indonesia sudah memiliki alat pendeteksi virus Corona. Pendeteksi virus Corona ini disebut alat yang sama dipakai untuk mendeteksi virus corona di Wuhan.
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 10:40:19 WIB

    Wah..! Hary Pernah di KSP, Moeldoko: Tak Ada Hubungan KSP dengan Jiwasraya

    Wah..! Hary Pernah di KSP, Moeldoko: Tak Ada Hubungan KSP dengan Jiwasraya  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Kasus dugaan korupsi Jiwasraya Rp13 Triliun terus bergulir, bahkan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo, telah ditetapkan  oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai salah satu tersangka. Ru.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 20:13:04 WIB

    Moeldoko: Kalau Rizieq Mau Pulang, Pulang Saja

    Moeldoko: Kalau Rizieq Mau Pulang, Pulang Saja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan tak ada persoalan terkait kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Hal ini disampaikan Moeldoko merespons pernyataan Wakil S.
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 14:58:31 WIB

    Menteri dan Wamen Sudah, Moeldoko: Wantimpres Diumumkan dalam Waktu Dekat

    Menteri dan Wamen Sudah, Moeldoko: Wantimpres Diumumkan dalam Waktu Dekat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan (Kasetpres), Moeldoko mengatakan, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) akan segera diumumkan. Nantinya Wantimpres akan lebih banyak diisi oleh orang-orang profesional..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM