Kemarau Panjang Picu Kebakaran Lahan di Dharmasraya


Ahad, 25 Agustus 2019 - 16:09:45 WIB
Kemarau Panjang Picu Kebakaran Lahan di Dharmasraya KEBAKARAN LAHAN - Salah satu peristiwa kebakaran lahan di KM 08 Pulau Punjung di pinggir Jalinsum, api dapat dipadamkan setelah dibantu semua pihak.FOTO TRC

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - masuknya musim kemarau panjang, dua bencana tidak bisa dielakkan bencana kebakaran dan kekeringan. Buktinya dalam tiga hari ini, kabakaran lahan dan kekeringan sudah dirasakan oleh beberapa wilayah di Dharmasraya.

 

Pada Sabtu (24/08), kemaren, secara berturut turut terjadi kebakaran lahan di KM 08 Pulau Punjung di pinggir Jalinsum, rawannya terjadi kebakaran di pinggir lintas itu, banyak faktor salah satunya pembuangan puntung rokok oleh pengemudi, tetapi tidak terlepas juga akibat pembakaran lahan oleh masyarakat.

Baru saja tim gabungan, Pemadam Kebakaran, BPBD, TNI dan Polri memadamkan api di KM 08 Pulau Punjung, tim tersebut terus meluncur ke jalur dua Sungai Rumbai, karena terjadi peristiwa yang sama yaitu kebakaran lahan. Pada malamnya, TRC juga mendapat laporan bahwa di Bukit Gading juga terjadi kebakaran lahan, namun Damkar mengalami kesulitan akses jalan.

Disamping itu, dibeberapa wilayah juga terjadi bencana kekeringan, yang mana masyarakat untuk memenuhi kebutuha. MCK sudah ke sungai yang ada disekitar.

Dari laporan yang dikutip Haluan dalam WA Group Tim Reaksi Cepat (TRC), memaparkan, laporan terakhir dari lokasi karena kemarau, Kampung Jao terdapat beberapa titik api yg belum dapat dipadamkan, hal ini disebabkan jauhnya lokasi terjadinya kebakaran.

Selain itu, akibat kekeringan, beberapa wilayah di Kecamatan Timpeh, terutama di wilayah Trimulya, sebagian masyarakat sudah banyak melakukan aktivitas rumah tangga disungai Batang Timpeh.

Begitu pula Nagari Koto Baru juga terjadi kekeringan, mobil tangki air dari Dinsos harus melayani kebutuhan air bersih untuk masyarakat sampai malam hari.

Begitu pula, jalan tanah yang termasuk jalan poros di Timpeh juga berdebu, akibatnya, tidak terelakkan lagi, warga setempat sudah ada yang terkena ISPA. Pihak BPBD atau Damkar katanya, siap untuk membantu penyiraman jalan tersebut."Selagi untuk kepentingan masyarakat, kami siap untuk membantu," kata salah seorang petugas Damkar.

Ia juga membeberkan pos pos Damkar yang menyebar di beberapa kecamatan yaitu Pos Damkar Pulau Punjung, berada di Komplek Kantor Bupati Dharmasraya, Pos Damkar Blok B Sitiung 1 tepatnya di simpang 3 Pasar Blok B atau di Rumdin Camat Sitiung yang lama. Kemudian Pos Damkar Sungai Rumbai, tidak jauh dari Simpang 3 lampu merah Sungai Rumbai dan Pos Damkar Timpeh berada di belakang Kantor Camat Timpeh. (h/mdi)


Reporter : Maryadi /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM