Bidan Ujung Tombak Pelayanan KIA


Ahad, 25 Agustus 2019 - 16:11:29 WIB
Bidan Ujung Tombak Pelayanan KIA WAKIL Walikota Pariaman, Mardison Mahyudin menghadiri seminar sehari dalam rangka Hut Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu (24/8). IST

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-68 di Kota Pariaman, IBI melakukan seminar sehari bersama bidan se-Kota Pariaman yang bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu (24/8).

 

Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Ikatan Bidan Indonesia Kota Pariaman dan terimakasih atas kinerja selama ini dalam Bergerak Melayani masyarakat.

 

"Ikatan Bidan Indonesia merupakan suatu organisasi yang sangat besar manfaatnya bagi seluruh bidan karena dengan adanya IBI di Kota/Kabupaten, seluruh bidan bisa berkoordinasi dalam berbagai hal karena saya lihat organisasi IBi ini sudah terstruktur rapi dan selalu aktif dari pusat," kata Mardison Mahyuddin.

 

Mardison mengatakan, usia ke-68 memang bukan usia yang muda lagi. Namun hingga saat ini IBI selalu aktif dalam segala hal, baik prestasi maupun sosial ke masyarakat dan tetap memberi bekal kepada bidan-bidan yang ada di kota/kabupaten. IBI dibentuk pada tanggal 24 Juni 1951 dengan tujuan menggabungkan, mewadahi seluruh bidan-bidan untuk menyamakan persepsi dalam tugas bidan sebagai pelayan utama tentang tatanan kesehatan dimana saja.

 

"Bidan adalah pelayan utama dalam hal kesehatan, bekerja dengan ikhlas dan mengabdikan diri untuk masyarakat siang atau malam sehingga bidan mempunyai tempat istimewa oleh masyarakat. Semua pekerjaan bidan tetap dikontrol oleh IBI sehingga keberadaan IBI sangat dibutuhkan dan besar manfaatnya oleh bidan-bidan khususnya bidan di Kota Pariaman," katanya.

 

Lebih lanjut Mardison menyampaikan, bidan merupakan garda terdepan untuk menjaga kesehatan masyarakat melalui program Germas dan pelayanan berkualitas. "Bidan juga merupakan ujung tombak pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) sehingga pemerintah berharap pelayanan bidan harus ditingkatkan lagi," katanya.

 

Sementara itu, Ketua IBI Kota Pariaman Eva Yulia Delwita mengatakan, kegiatan seminar ini dilakukan gana meningkatkan kebersamaan atar sesama bidan yang ada di Pariaman, sehingga bisa memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat.

 

"IBI merupakan organisasi bidan se-Indonesia. Memperingati HUT IBI dengan mengadakan seminar ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan antar sesama bidan se-Kota Pariaman agar bisa berperan aktif dimasyarakat dan bisa meningkatkan pelayanan terutama di desa-desa dalam program gerakan masyarakat sehat," katanya.

 

Ia menyampaiakan, HUT IBI ke-68 yang bertemakan bidan melindungi hak kesehatan reproduksi melalui pemberdayaan perempuan dan optimalisasi pelayanan kebidanan dihadiri oleh 250 bidan se Kota Pariaman. Untuk seminar menghadirkan Dr. Dovin yang merupakan Ketua POGI se-Sumatera Barat dan Sahninar merupakan Ketua IBI Pengurus Daerah Sumatera Barat.

"Selain itu juga ada kegiatan pemberian makanan atau TMT pada ibu hamil beresiko dan anemia yang ada di wilayah kerja IBI ranting yang salah satu tujuannya adalah untuk menurunkan angka kematian pada ibu dan bayi atau kasus stanting di Kota Pariaman, periksaan pada ibu hamil dan pertolongan persalinan gratis pada praktek mandiri bidan, pelayanan KB dan konseling gratis," katanya.

 

Pada perayaan HUT IBI ini Ia berharap agar seluruh bidan di Kota Pariaman bisa memaksimalkan perannya baik dilapangan yang bertugas menjadi bidan desa, puskesmas maupun RSUD dan bisa menjadi bidan yang profesional dalam menjalankan tugasnya. (h/mg-hen/tri)

 


Reporter : Trisnaldi - Yuhendra /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM