Begini Semarak Puncak Hari Koperasi ke-72 di Padang


Ahad, 25 Agustus 2019 - 22:29:14 WIB
Begini Semarak Puncak Hari Koperasi ke-72 di Padang Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah melepas Jalan Santai dalam rangka Hari Koperasi ke-72 di Padang. dok/winda

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Memperingati Hari Koperasi Nasional ke-72, Ribuan pengurus dan anggota Koperasi serta OPD se-Kota Padang mengikuti jalan santai, Minggu (25/8). Jalan santai tersebut menempuh jarak sekitar 3 km.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang hadir melepas jalan santai mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan puncak dari rangkaian HUT Koperasi yang sejatinya jatuh pada 12 Juli lalu.

"Saat ini Kota Padang merupakan Kota Koperasi. Karena dari seluruh kabupaten dan Kota di Sumbar, koperasi di Kota Padang merupakan yang terbanyak. Pemko sangat mengapresiasi kesadaran masyarakat terhadap pentingnya berkoperasi," ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan, koperasi dengan dua model yaitu konvensional dan syariah harus terus dikembangkan. Ia berharap kesadaran mengelola koperasi harus terus tumbuh sehingga pembinaan akan terus ditingkatkan.

"Ke depan kami instruksikan kepada Dinas Koperasai dan UMKM untuk terus membina minimal dua kali dalam satu tahun setiap koperasi untuk melakukan Rapat Anggota Tahunan. Selain itu untuk mewujudkan Kota Koperasi, diharapkan seluruh pegawai Kota Padang akan didorong masuk koperasi baik di tempat tinggal maupun ditempat kerja," terang Mahyeldi.

Sementara itu, kepala Dinas Koperasi dan UMKM Syuhandra yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengawasan Amrizal Rengganis juga menerangkan bahwa, jalan santai merupakan salah satu cara untuk mempererat silaturrahmi antara pengurus dan anggota koperasi.

"Saat ini ada lebih dari 600 koperasi yang telah aktif di Kota Padang dan UMKM merupakan salah satu motor penggeraknya. Semoga dengan berbagai kegiatan dan pertemuan koperasi dan UMK terus bergerak lebih semangat lagi," ujar Syuhandra.

Ia menerangkan, saat ini usaha mikro juga terus didorong untuk menjadi koperasi. Karena dengan koperasi, mereka difasilitasi untuk mengembangkan usahanya.

"Sebelumnya dalam rangka HUT Koperasi ke-72 ini, Dinas Koperasi dan UMKM telah menggelar lomba cerdas tangkas, gerakan kopersi dan MTQ. Gerak jalan dan hadiah yang diberikan berkat sumbangsih dari sejumlah koperasi di Kota Padang.

"Hadiah utamanya yaitu tiga unit sepeda. Tugas kami sebenarnya adalah mengedukasi dan advokasi untuk pembinaan serta memberikan arahan terhadap jalannya roda kopersi. Setiap tahun kami rutin mendampingi RAT dan diberi arahan pula," jelasnya Syuhandra lagi. (*)


Reporter : Rahma Winda /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM