Diduga Akibat Kabut Asap Karhutla, Warga Pekanbaru Ini Meninggal Dunia di Ladang


Senin, 26 Agustus 2019 - 08:36:01 WIB
Diduga Akibat Kabut Asap  Karhutla, Warga Pekanbaru Ini  Meninggal Dunia di Ladang Ilusrasi-Sejumlah personil Kodim 0311/Pessel terlihat memadamkan Api dengan peralatan seadanya. (dok.ist-haluan)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), diduga menjadi penyebab meninggalnya seorang warga kota Pekanbaru, Riau. Helmy Oemar (59) ditemukan meninggal dunia  dalam ladang  di tengah hutan wilayah Rimbo Panjang.

Saat ditemukan, jenazah Helmy bersandar meringkuk di bawah pohon pada Minggu pagi (25/8). "Saat ditemukan kondisi almarhum sedang bersandar di batang pohon seperti beristirahat, sedang meringkuk," tutur putra Helmy, Shadiq Helmy mengutip Antara, Senin (26/8).

Shadiq mengatakan Helmy pergi meninjau kebunnya di Rimbo Panjang pada Sabtu (24/8). Dia pergi sendirian. Namun, hingga sore hari, Helmy tidak kunjung pulang dan tidak ada kabar meski telepon selulernya bisa dihubungi.


Keluarga dan warga sekitar lantas mencari hingga jam 02.00 WIB Minggu dini hari (25/8) namun Helmy tak kunjung ditemukan.

Kabar tersebut sampai ke telinga Shadiq yang tinggal di Jakarta. Shadiq lantas menuju Pekanbaru, Riau dengan pesawat. Dia lalu ikut mencari ayahnya.

Helmy akhirnya ditemukan pada pukul 09.00 WIB Minggu (25/8). Namun, sudah tidak bernyawa. Jasad Helmy nampak tengah bersandar di bawah pohon.

Shadiq mengatakan kondisi ayahnya selama ini relatif sehat. Tidak ada riwayat penyakit jantung. 
Rimbo Panjang merupakan wilayah perbatasan Kabupaten Kampar dengan Kota Pekanbaru. Daerah tersebut selalu jadi langganan kebakaran lahan gambut yang menimbulkan asap pekat.

Berdasarkan catatan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Ibu Kota Provinsi Riau itu memang diselimuti asap atau jerebu akibat karhutla pada Minggu (25/8). Jarak pandang hanya 3-5 

loading...
 Sumber : ANT-CNNI /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]