Sempat Dilaporkan Hilang, Nenek Siti Akhirnya Ditemukan Tim SAR


Senin, 26 Agustus 2019 - 15:44:10 WIB
Sempat Dilaporkan Hilang, Nenek Siti Akhirnya Ditemukan Tim SAR TIM SAR gabungan saat evakuasi nenek Siti Patimah. IST

PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Sempat dilaporkan hilang, tim SAR Pasaman akhirnya menemukan nenek Siti Patimah (70) di belakang Mess PT Sago Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan dalam keadaan selamat dengan kondisi lemas, sekira pukul 08.55 WIB Senin (26/8).

 

"Korban ditemukan sekitar 1 Kilometer di arah timur laut, tepatnya di kawasan PT Sago dari posisi awal dilaporkannya hilang. Warga Jorong Taming Julu Nagari Ranah Batahan ini memang sudah pernah mengalami hal yang sama," sebut Kepala Koordinator Basarnas Pasaman Barat Zulfahmi kepada Haluan, Senin (26/8).

 

Siti Fatimah pertama kali ditemukan oleh pekerja Perkebunan sawit dalam keadaan lemas dibelakang Mess. Karena sudah mendengar ada orang hilang, maka para pekerja tersebut segera melaporkan ke pihaknya.

 

Katanya, dari awal pihaknya sudah menduga bahwa korban tidak terbawa arus sungai. Korban dilaporkan hanyut, karena saat itu kondisi air sungai sedang meluap. Ditambah dengan ditemukannya alat peralatan mandi korban yang berada dipinggir sungai.

 

"Sehingga terjadi asumsi sementara hanyut, maka dilaporkan hanyut kepada kita. Tidak ada satu pun saksi yang melihat korban terbawa arus sungai," terangnya.

 

Malahan dari keterangan salah seorang saksi, korban terakhir kali terlihat sedang berada di daerah perbukitan arah timur sungai sekitar pukul 15.00 Wib waktu itu.

 

Dia menjelaskan, menurut pengakuan korban, dia berangkat dari rumah sekitar pukul 13.00 Wib menuju sungai dengan peralatan mandinya. Namun sesampai disungai korban tidak langsung mandi, malahan menyeberangi sungai untuk mencari kayu bakar.

 

Usai mencari kayu bakar sekitar pukul 15.00 WIB korban kembali, karena debit air sungai mulai naik. Sehingga tidak memungkin korban menyebarang. Korban pun berupaya mencari jalan alternatif lain, sehingga dia kesasar hingga sampai ke PT Sago.

 

"Ini mukjizat Allah yang diberikan kepada korban, selama empat hari tanpa makan dengan kondisi cuaca yang ektrrim seorang nenek bisa bertahan. Saat ini korban sudah berada dikediamannya dan sekarang kesehatannya lagi diperiksa oleh petugas medis," tutupnya.

 

Sebelumnya, nenek Siti Patimah dilaporkan sedang mandi dan hanyut terseret besarnya air luapan sungai batang taming sekira pukul 16.00 WIB, pada Jumat (23/8) lalu. (h/ows)

loading...
Reporter : Osniwati /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]