13 Ribu Anak di Sawahlunto Jadi Sasaran Minum Obat Cacing


Senin, 26 Agustus 2019 - 15:45:52 WIB
13 Ribu Anak di Sawahlunto Jadi Sasaran Minum Obat Cacing PEMBERIAN obat cacing oleh petugas Puskesmas di Sekolah. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 13.304 anak usia 12 bulan hingga 59 bulan menjadi sasaran pemberian obat cacing gratis dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sawahlunto. Untuk pemberian anak usia 6 hingga 12 tahun dilakukan oleh petugas Puskesmas di sekolah.

"Pemberian dilakukan selama Agutus 2019 ini. Untuk anak bawah lima tahun dilaksanakan di Posyandu masing masing domisili," kata Kabid Kesmas P2P Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto, dr. Alansari.

 

Tujuannya sebut Al ansari, untuk pencegahan masal kecacingan pada anak Sawahlunto. Sedangkan untuk anak yang tidak ikut minum obat cacing saat disekolah, maka petugas akan melakikan sweeping ke rumah rumah oleh petugas.

"Kita optimis seluruh anak yang terdata, menelan obat cacing yang kami berikan, sehingga harapannya Kota Sawahlunto bebas dari kecacingan," ujarnya.

 

Lebih jauh diungkapkannya, seorang anak yang mempunyai cacing ditubuhnya akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuhnya, sehingga tidak terserap sempurna. Dan ini akan berdampak buruk pada kesehatan dan pertumbuhan anak.

"Kami berharap kepada orang tua untuk tidak kwatir dan mendukung pemberian obat cacing, karena tujuannya baik dan sangat berguna bagi anak. Sawahlunto sendiri saat ini tengah dalam proses sertifikasi bebas cacingan dari Kementrian Kesehatan RI," tuturnya. (h/rki)

 


Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM