Ada Lomba Berdendang, Balai Bahasa Sumbar Helat Pekan Bahasa dan Sastra 2019


Senin, 26 Agustus 2019 - 19:40:37 WIB
Ada Lomba Berdendang, Balai Bahasa Sumbar Helat Pekan Bahasa dan Sastra 2019 Kepala Balai Bahasa Sumbar Dwi Sutana membuka resmi Pekan Bahasa dan Sastra 2019, Senin (26/8). YESI

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Balai Bahasa Sumatera Barat menggelar  pembukaan Pekan Bahasa dan Sastra 2019 di Auditorium RRI Padang, Senin(26/8). Acara rutin tahunan yang digelar hingga (31/8) tersebut disemarakkan dengan berbagai lomba yang menyangkut kebahasaan dan kesastraan dengan total hadiah puluhan juta rupiah beserta piagam dan tropi.

Lomba yang diadakan Balai Bahasa  antara lain, lomba berdendang untuk masyarakat umum Se-Sumbar (26/8), Lomba mengajar Berbahasa Indonesia bagi guru SD/MI se-Sumbar (27/8),  Lomba Baca Puisi Tingkat SLTP se-Sumbar (28/8), Lomba Debat berbahasa Indonesia bagi mahasiswa (29/8), Lomba Pidato bagi  siswa SLTP se-Sumbar (30/8) dan Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SLTA se-Sumbar (31/8). Khusus untuk lomba musikalisasi puisi, yang menang lomba akan mewakili provinsi Sumbar ke nasional.

Kepala Balai Bahasa Sumbar Dwi Sutana, mengatakan berbeda dari tahun sebelumnya, pada Pekan Bahasa dan Sastra Tahun ini lomba Dongeng diganti dengan Lomba Berdendang.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari Balai Bahasa Sumbar. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada Pekan Bahasa dan Sastra kali ini Lomba dongeng diganti dengan Lomba berdendang yang pesertanya berasal dari masyarakat umum," jelasnya.

Ia menambahkan tujuan Pekan Bahasa dan Sastra ini antara lain memasyarakatkan bahasa dan sastra Indonesia di wilayah Sumbar, sesuai dengan tupoksi Balai Bahasa Sumbar sebagai UPT Kementrian Pendidikan.

"Pekan Bahasa dan sastra ini bertujuan memasyarakatkan bahasa dan sastra Indonesia, meningkatkan kemampuan/kompetensi masyarakat, guru, siswa dan mahasiswa yang jadi pesertanya dalam upaya pembinanan dan pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia di Sumbar. Selain itu juga sebagai sarana mempererat tali persaudaraan seluruh pihak yang terlibat agar saling mengenal dan saling menghargai sehingga muncul jiwa persatuan dan kesatuan yang akan mempertenal naisonalisme," ucap Dwi.

Mengingat tujuan dan manfaat pelaksanaannya, kegiatan Pekan Bahasa dan Sastra, menurut Dwi Sutana akan terus diprogramkan Balai Bahasa setiap tahun. 

"Pekan bahasa dan sastra insya Allah akan terus dipertahankan, mengingat sebagai salah satu upaya pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia di Sumbar," tegasnya. (h/mg-yes)

loading...
Reporter : YESI /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]