BBPOM Padang dan Kemendes PDTT Gelar Bimtek Keamanan Pangan


Selasa, 27 Agustus 2019 - 13:25:55 WIB
BBPOM Padang dan Kemendes PDTT Gelar Bimtek Keamanan Pangan Suasana pembukaan bimtek keamanan pangan yang digelar BBPOM Padang bersama Kemendes PDTT di Tanah Datar. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Program pangan aman merupakan program terintegrasi antara Badan POM dengan Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan target 2100 desa yang telah di inisiasi sejak tahun 2017.

Pada tahun 2019 Badan POM melakukan pembentukan terhadap 2.100 desa pangan aman melalui Balai Besar atau Balai POM di 10 Provinsi yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Bimbingan Teknis kader desa merupakan kegiatan untuk membekali kemampuan kader tentang keamanan pangan. Pelatihan untuk kader ini penting dilakukan agar kader tersebut dapat mendampingi komunitas desa dalam menerapkan prinsip keamanan pangan. Selain itu juga agar kader dapat melakukan pengawasan agar tidak terjadi penyimpangan pada praktek keamanan pangan dilingkungannya. 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Padang, Martin Suhendri, Selasa (27/8) di Tanah Datar menegaskan bahwa, melalui bimbingan teknis diharapkan kompetensi kader desa tentang keamanan pangan dapat ditingkatkan sehingga dapat terus  mengawal pelaksanaan keamanan pangan di desa secara berkelanjutan.

Koordinator Inovasi Desa Konsultan Pendamping Wilayah Kementrian Desa, Khairul Anwar, yang akrab dipanggil Tan Rajo menyebutkan, kegiatan bimbingan teknis juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat bidang Telnologi Tepat Guna Kementrian Desa se-Sumatera Barat. Hal ini dilakukan guna mengefektifkan kegiatan pangan aman di seluruh daerah di provinsi Sumatra Barat melalaui Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Selain itu, Feri Irawan selaku Koordinator Konsultan Pendamping Wilayah Kementrian Desa menegaskan, bahwa bimbingan teknis untuk pengawasan pangan aman merupakan satu hal yang harus maksimal untuk  dilakukan secara terintegrasi supaya target kegiatan pemerintah terkait pangan bisa dientaskan dengan baik, tandas. (h/rel)

loading...
 Sumber : Rilis /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 Februari 2019 - 10:42:42 WIB

    Alat Uji DNA Masih Baru, BBPOM Padang Kirim Hasil ke Aceh

    Alat Uji DNA Masih Baru, BBPOM Padang Kirim Hasil ke Aceh PADANG, HARIANHALUAN.COM - Terkait pengujian laboratorium temuan daging babi, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang diperintahkan untuk mengirim hasil uji ke Regional Sumatera BBPOM di Aceh. Alasannya, k.
  • Selasa, 31 Oktober 2017 - 20:46:06 WIB

    BBPOM Padang: Waspada Keripik Jamur Ilegal

    BBPOM Padang: Waspada Keripik Jamur Ilegal PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang Martin mengimbau masyarakat supaya lebih berhati-hati mengenai beredarnya produk keripik jamur yang tidak ada izin edarnya. Meskipun, d.
  • Kamis, 05 Oktober 2017 - 11:03:19 WIB

    Perlindungan Masyarakat, BBPOM Canangkan Aksi Pemberantasan Penyalahgunaan Obat

    Perlindungan Masyarakat, BBPOM Canangkan Aksi Pemberantasan Penyalahgunaan Obat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatera Barat (Sumbar) mencanangkan aksi pemberantasan penyalahgunaan obat, Rabu (4/10) di kantor BBPOM Padang. Aksi tersebut tak lain sebagai bentuk.
  • Rabu, 10 Mei 2017 - 13:37:37 WIB

    BBPOM Padang: Masih Ditemukan Kerupuk Merah Pakai Pewarna Tekstil

    BBPOM Padang: Masih Ditemukan Kerupuk Merah Pakai Pewarna Tekstil PADANG, HARIANHALUAN.COM—Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, meminta agar dinas terkait di kabupaten/kota melakukan fungsi pengawasan terhadap distribusi bahan berbahaya yang sering digunakan pada makan.
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 10:52:31 WIB

    BBPOM Padang Sita Puluhan Ribu Susu Non Halal

    BBPOM Padang Sita Puluhan Ribu Susu Non Halal PADANG, HALUAN—Mendapati laporan dari Dinas Kesehatan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan tentang beredarnya susu kental kalengan berlabel non halal di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Balai Besar Pengawasan Obat dan Mak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]