Pemkab Tanah Datar dan BPJS TK Gelar Sosialisasi Jamsostek


Selasa, 27 Agustus 2019 - 16:38:32 WIB
Pemkab Tanah Datar dan BPJS TK Gelar Sosialisasi Jamsostek Kepala BPJS Ketenagakerjaan M Afdhal memberikan sosialisasi dan mempertontonkan vidio peserta yang masih menjalani perawatan yang dijamin dan ditanggung dananya hingga Rp.3 miliar di RS Eka Hospital Pekanbaru. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Tanah Datar bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, menggelar sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan 9Jamsostek) di Emersia Hotel, Batusangkar, Selasa (27/8).

Agenda sosialisasi untuk jaminan sosial dan perlindungan tenaga kerja tersebut dibuka secara resmi oleh bupati Irdinansyah Tarmizi yang diwakili Kadis Koperindag Marwan, hadir sekitar 100 orang pengurus Koperasi dan UMKM dan serta Kadis PMPTSP dan Naker serta Kepala Bidang UKM Diskoperindag Lola Nasution.

Marwan saat membuka tersebut dihadapan peserta mengatakan bahwa program BPJS Ketenagakerjaan tersebut bersentuhan langsung dengan keperluan masyarakat untuk keterjaminannya. "Ini suatu hal yang patut kita dukung, akan ada dampak positif pada kita tenaga kerja yang akan kita terima nanti setelah kita jadi peserta. Selama ini kita hanya banyak tahu BPJS Kesehatan saja, melalui sosialisasi ini tentu kita akan tahu apa manfaatnya dan apa keuntungan kita dengan jaminan sosial yang diamanatkan undang-undang terhadap pemberi kerja dan penerima upah," ujar Kadis Koperindag Marwan.

Disebutkannya, Dinas Koperindag peduli dan peka terhadap perlindungan tenaga kerja termasuk penyelenggara UMKM, Koperasi dan tenaga kerja yang ada di Tanah Datar. Terdapat 205 Koperasi di Tanah Datar dan lima diantaranya telah beralih kepada Koperasi syariah yaitu Koperasi IAIN Batusangkar, Dinas Kesehatan, RSUD Ali Hanafiah, KPN Tuah Sakato dan Koperasi Kemenag, ujarnya.

Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Tanah Datar, Muhammad Afdhal saat memberikan sosialisasi kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan dua Dinas terkait di Pemda Tanah Datar itu, menyebutkan berbagai keuntungan yang diperoleh peserta mulai dari kewajipan pemberi kerja dan penerima upah sebagai tenaga kerja atau karyawan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sebesar-besarnya iyuran yang diberikan peserta akan dikembalikan dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk peserta.

 "Jaminan kecelakaan kerja bagi tenaga kerja yang menjadi peserta akan ditanggung mulai saat berangkat dari rumah untuk kerja hingga kembali ke rumah pulang dari kerja, manfaat yang diterima bagi peserta, jika terjadi kecelakaan yaitu mulai dari biaya transportasi dari lokasi kejadian, seluruh dana perawatan dan obat, gaji selama tidak dapat bekerja karena sakit tersebut, bila mengalami cacat dibayar berdasarkan tingkatannya termasuk alat bantu dan alat ganti tubuh, bila meninggal dunia juga dibayarkan biaya pemakaman, dana santunan kematian sebesar Rp129 juta bila meninggal karena kecelakaan kerja dan Rp24 juta bila meninggal tidak karena kecelakaan kerja, juga jaminan beasiswa bagi anak yang masih dalam masa pendidikan," ujar Afdhal.

Kadis PMPTSP dan Naker Z Khairi juga mengatakan bahwa seluruh urusan tentang ketenagakerjaan di Tanah Datar juga menjadi wewenang Dinas PMPTSP dan Naker, "Fungsi Pemda bagaimana agar pengangguran itu menurun jumlahnya dan pekerja meningkat kesejahteraannya dan meningkat kualitasnya, tentu ia berkewajiban mengikuti program ini agar dapat perlindungan sosialnya dan ada badan yang bertugas tentang ini yaitu BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya. (h/fma)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]