Terbanyak di Facebook, Puluhan Ribu  Konten Provokatif Soal Papua Dihapus


Rabu, 28 Agustus 2019 - 12:35:11 WIB
Terbanyak di Facebook, Puluhan Ribu  Konten Provokatif Soal Papua Dihapus Aksi anarkhis di Papua beberapa waktu lalu. (dok.cnni)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Sebanyak  32 ribu konten di media sosial telah dihapus - Kepolisian bersama Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Konten itu  bernada provokatif terkait Papua yang diunggah sepanjang 14-27 Agustus lalu. 

"Patroli gabungan dari 14-27 Agustus sudah menutup 32 ribu lebih konten yang bersifat provokatif, diskriminatif dan hoaks," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/8).

Tak hanya itu, ada ribuan akun media sosial yang diajukan untuk diblokir. Ribuan akun tersebut mengunggah dan menyebarkan konten-konten provokatif sepanjang 14-27 Agustus.

"Dari 32 ribu konten yang sudah dilakukan mapping ada 1.750 akun lebih yang sudah diajukan untuk dilakukan pemblokiran dan take down oleh Kominfo," kata Dedi seperti dikutip dari cnnindonesia.

Dedi mengatakan Facebook merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan. Sementara platform lainnya, yakni Twitter, Youtube, dan Instagram. Namun, jumlahnya tak sebanyak Facebook.

"Yang paling banyak adalah di Facebook, dari 1,750 konten itu mayoritas Facebook," Ujar Dedi.

Dedi lalu menyatakan bahwa Kondisi Papua secara umum sudah kondusif sampai dengan hari ini. Dia menyebut aparat mampu menangani keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua dengan baik.

Tentang  akses internet di Papua diblokir oleh Kominfo, Dedi mengatakan keutuhan NKRI memang harus diperhatikan.

Karenanya, pemblokiran internet dilakukan untuk mencegah penyebaran informasi palsu yang bisa memantik kesalahpahaman.*

loading...
 Sumber : CNNI /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]